Syahrul Pasaribu Jagokan Irsan Nasution di Pilkada Padangsidimpuan 2024

374

PADANGSIDIMPUAN, BERITAANDA – Sekretaris Dewan Pertimbangan (Wantim) DPD Partai Golkar Sumatera Utara, H. Syahrul M. Pasaribu nyatakan dukungannya ke Irsan Efendi Nasution.

“Saya mendukung Adinda Irsan Efendi Nasution maju di Pilkada Padangsidimpuan tahun ini,” ujar Syahrul Pasaribu saat berbicara di halal bihalal sekaligus syukuran penetapan anggota DPRD terpilih dari Partai Golkar hasil Pemilu 2024.

Dua kegiatan yang digelar sekaligus ini diadakan di kantor kebanggaan DPD Partai Golkar Kota Padangsidimpuan, Jalan Diponegoro/Sitombol, Kelurahan Wek II, Kecamatan Padangsidimpuan Utara pada Kamis (2/5/2024) malam.

Hadir Ketua Dewan Pertimbangan Golkar Padangsidimpuan Raja Sahlan Nasution, Ketua Dewan Penasehat M. Jusar Nasution, Ketua Dewan Pakar Islahuddin Nasution, Sekretaris DPD Urwatul Hannan, Ketua TPP Balon Wali Kota/Wakil Wali Kota Mulyadi Sofyan Lubis, pengurus DPD, PK, Hasta Karya, Pujakesuma, para caleg Golkar dan lainnya.

Kata Syahrul, sebagai kader setia dan Wantim Partai Golkar, ia mendukung penuh keputusan partainya. Irsan dinilai masih harus melanjutkan pembangunan di Kota Padangsidimpuan yang sudah dimulai pada periode pertama menjabat.

Dari berita media yang dibaca Syahrul Pasaribu dalam beberapa hari ini, menulis Irsan yang juga Ketua DPD Partai Golkar Padangsidimpuan, mengutus tim khusus ke sejumlah partai politik untuk mengambil formulir pendaftaran bakal calon Walikota.

Meski Golkar menjadi satu-satunya partai politik di Kota Padangsidimpuan yang memenuhi syarat untuk mengusung satu pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah. Dan sampai hari ini, DPP Partai Golkar memberi surat penugasan hanya kepada Irsan Efendi Nasution sebagai bakal calon Walikota Padangsidimpuan.

“Ini langkah strategis yang baik membangun kebersamaan, sinergitas dan kolaborasi, dalam menciptakan iklim berdemokrasi yang sejuk. Karena memang sejatinya kader Partai Golkar itu harus menjadi penyatu, penyejuk dan tidak boleh sombong meski pada faktanya sebagai partai pemenang Pemilu,” tutur Syahrul Pasaribu.

Kepada pimpinan dan segenap kader, utamanya anggota DPRD Sidimpuan terpilih dari Golkar, Bupati Tapsel dua periode itu berpesan untuk terus pelihara semangat juang, jaga soliditas dan solidaritas serta bangun sinergitas dan kolaborasi.

“Sebab, nantinya di samping memperjuangkan calon Walikota yang diusung Golkar, kalian juga diwajibkan turut memenangkan calon kepala serta wakil kepala daerah di daerah tetangga seperti Tapsel dan daerah lainnya,” pesan Syahrul.

Demikian juga kader Golkar dari daerah tetangga nanti dalam Pilkada akan diminta membantu memenangkan calon Walikota Sidimpuan yang diusung Partai Golkar. Inilah antara lain strategi Golkar untuk mencapai kemenangan 60  persen pada Pilkada serentak 27 November mendatang.

Tidak lupa, kepada caleg DPRD Sidimpuan terpilih periode 2024-2029 dari Partai Golkar, Syahrul juga ingatkan agar jangan sombong, arogan, apalagi sampai lupa diri darimana ia berasal sehingga tidak mendapat predikat orang yang lupa kacang dengan kulitnya. Harus tetap pro rakyat dan dukung upaya memajukan daerah.

Golkar Kota Padangsidimpuan, menurut Syahrul, baru saja membuktikan prestasi terbaik dalam hal perolehan kursi DPRD hasil Pileg 2024. Di mana tahun 2014 hanya 3 kursi dan naik jadi 6 di tahun 2019. Pada Pemilu 2024 ini bertambah signifikan menjadi 10 kursi.

Raihan ini menjadikan Partai Golkar pemenang telak dengan perolehan 10 dari 30 jumlah kursi DPRD Kota Padangsidimpuan. DPD Golkar lainnya di Tabagsel yang berhasil menambah kursi di Pemilu 2024 adalah Paluta dari 8 menjadi 9 kursi dan Madina dari 5 menjadi 6 kursi, sedangkan Tapsel tetap 8 kursi demikian juga Palas tetap 5 kursi.

“Di Sumatera Utara, hanya Golkar Sidimpuan dan Golkar Simalungun yang mengalami peningkatan sangat signifikan (66 persen lebih), Sidimpuan 6 menjadi 10 dan Simalungun 9 menjadi 15 kursi. Untuk DPRD Sumut, 15 menjadi 22 kursi dan DPR RI 4 menjadi 8 kursi,” jelas Syahrul.

Kemenangan Golkar ini adalah kemenangan rakyat Kota Padangsidimpuan. Karena itu jangan lupakan rakyat, terutama konstituen Partai Golkar dan umumnya seluruh masyarakat kota ini.

Syahrul yang dua kali terpilih menjadi anggota DPRD Kota Medan dan tiga kali DPRD Provinsi Sumatera Utara, berbagi pengalaman selama menjadi anggota dewan. Rakyat, katanya, akan mengamati siapa saja wakil mereka yang betul-betul peduli dan bekerja.

Berdasarkan pengalaman, anggota DPRD yang bekerja nyata demi rakyat, tentu akan terpilih kembali di Pemilu berikutnya. Sementara yang tidak bekerja atau hanya duduk diam dan terima gaji, pasti akan mengalami nasib yang kurang beruntung.

Anggota DPRD terpilih dari Partai Golkar, diminta perbanyak jalan-jalan ke pemerintah atasan di provinsi dan pusat. Bawa kue-kue pembangunan yang ada di sana ke Sidimpuan, jangan hanya bergantung kepada APBD daerah dalam rangka akselerasi pembangunan daerahnya.

“Terkait halal bihalal. Karena hari ini masih bulan Syawal 1445 Hijriah, secara pribadi dan mewakili keluarga sekaligus Wantim Partai Golkar Sumut, Saya ucapkan minal aidin walfaidzin mohon maaf lahir dan batin,” ucap Syahrul Pasaribu.

Di tempat dan waktu yang sama, Ketua DPD Partai Golkar Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution mengucap rasa syukur yang tinggi. Karena Caleg Golkar pada Pemilu 2024 dipercaya masyarakat banyak untuk mewakili suaranya di DPRD periode 2024-2029.

“Bapak dan ibu caleg terpilih Partai Golkar, tolong emban amanah ini dengan sungguh-sungguh. Jangan kecewakan masyarakat Kota Padangsidimpuan yang mayoritas percayakan suaranya kepada kita di Golkar,” pesan Irsan.

Kepada Syahrul M. Pasaribu sebagai senior dan guru politiknya termasuk di bidang pemerintahan sehingga pasca 20 tahun usia Padangsidimpuan berhasil mendapatkan opini WTP dari BPK RI pada tahun 2021 atas Laporan pertanggungjawaban APBD 2020.

Serta mendapat insentif daerah sebanyak tiga kali, Irsan mengucapkan selamat, karena baru saja dipercayakan sebagai Sekretaris Dewan Pertimbangan DPD Partai Golkar Sumatera Utara yang sebelumnya adalah Wakil Ketua Wantim.

“Perlu kita ketahui bersama, dari 165 caleg DPR RI dari 18 partai politik pada dapil 2 Sumut yang ikut berkontestasi memperebutkan 10 kursi yang tersedia, Bang Syahrul ini adalah peraih suara terbanyak keenam yaitu 98.586 suara,” ujarnya.

Di Sidimpuan, suara Syahrul diraih 16.593 dan di Tapsel 45.530 suara. Total di kedua daerah ini diperoleh sebanyak 62.123 suara, sedangkan di kabupaten/kota lainnya 36.463 suara. Namun karena mekanisme dan sistem hitung kursi sainte lague di pemilu legislatif, Syahrul masih tertunda tugas pengabdiannya di Senayan.

Terkait Pilkada yang akan digelar dalam waktu beberapa bulan ke depan, Irsan berdoa kiranya semua dalam keadaan sehat wal afiat. Sehingga bisa tetap solid dan bersama-sama melalui dinamika perjuangan partai.

“Perjuangan belum berhenti di sini. Kita masih akan dihadapkan pada dinamika Pilkada. Dipimpin bapak Mulyadi Sofyan, kita telah melakukan penjaringan balon walikota dan wakil walikota. Hasilnya mari sama-sama kita tunggu dari DPP Partai Golkar,” pinta Irsan.

Terkait pendaftaran ke Golkar Padangsidimpuan, Irsan mengaku tetap taat asas dan taat aturan mengikuti semua mekanisme partai. Karena itu diharapkannya semua kader Golkar tetap seiring selangkah, agar Pilkada ini bisa kembali dimenangkan bersama-sama.

“Semoga halal bihalal dan syukuran yang kita adakan ini bisa menjadi perekat bagi hubungan kita semua. Terimakasih atas kehadirannya, terkhusus Abanganda Syahrul Pasaribu. Minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin,” tutupnya.

Sebelumnya, ketua panitia halal bihalal dan sekaligus syukuran atas penetapan anggota DPRD Padangsidimpuan terpilih dari Partai Golkar hasil Pemilu 2024, H. Purnadi, ucapkan selamat datang, terimakasih dan mohon maaf lahir batin.

“Kami laporkan juga, kegiatan ini diisi dengan penyantunan anak yatim dan tepung tawar 10 Caleg Partai Golkar yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai anggota DPRD Kota Padangsidimpuan terpilih,” jelas Purnadi.

Untuk diketahui, empat caleg incumbent Golkar terpilih adalah Ahmad Maulana Harahap, Abdul Haris Nasution, Arjuna Sari Nasution dan Siti Mariam Nasution. Enam Caleg baru terpilih yakni Unaini Akbar Harahap, Dewi Fortuna Nasution, Mhd. Ilham SS, Marini Yuliana Hutabarat, Purnadi dan Sri Fitrah Munawaroh Nasution. [AS]

Bagaimana Menurut Anda