KPUD OI Gelar Sosialisasi Pencalonan Bupati dan Wabup, Ini Syarat yang Harus Diperlukan

27
Komisioner KPUD OI menerangkan terkait tahapan Pemilukada serta syarat pencalonan bupati dan wabup jalur independen.

OGAN ILIR, BERITAANDA – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) gelar acara sosialisasi pencalonan perseorangan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ogan Ilir tahun 2024, bertempat di pendopoan rumah dinas Bupati OI, Sabtu (4/5/2024).

Mengacu PKPU Nomor 2 Tahun 2024, Ketua KPUD OI Masjida menjelaskan, menjadi kewajiban pihaknya untuk menggelar sosialisasi ini.

“Untuk itu hari ini sengaja digelar secara langsung secara tatap muka dengan mengundang berbagai lapisan organisasi, baik dari mahasiswa, organisasi pers, tokoh agama dan lain-lain. Dimana sebelumnya juga telah disosialisasikan lewat platform media sosial milik KPUD OI,” jelas dia.

Senada dengan Masjida, Roby Ardiansyah selaku Kepala Divisi Penyelenggaraan Pemilu menambahkan, bahwa tahapan untuk calon perseorangan atau independen dimulai dengan pengumuman penyerahan dukungan pada tanggal 5 – 7 Mei 2024. Dilanjutkan dengan penyerahan dokumen syarat dukungan calon perseorangan yang dimulai dari tanggal 8 – 12 Mei 2024.

“Selanjutnya nanti setelah melewati tahapan rekapitulasi verifikasi faktual kedua dan rekapitulasi akhir, kemudian verifikasi faktual kedua yang berakhir di 2 Agustus 2024,” terangnya.

Robi kembali menjelaskan, hingga kini KPUD OI belum menerima calon pendaftar dari jalur perseorangan.

“Salah satu syarat untuk mendaftarkan diri minimal mempunyai dukungan sebanyak 26.799 yang tersebar minimal di sembilan kecamatan.

Sementara mewakili Bupati Ogan Ilir, Asisten 1 Dicky Syailendra mengapresiasi atas digelarnya kegiatan tersebut.

Ia berharap KPUD OI akan bekerja secara maksimal dalam menyongsong dan menyukseskan Pilkada 2024 ini.

“Kami dari Pemkab Ogan Ilir tentunya mendukung penuh kegiatan KPUD OI. Dan dalam kegiatan menyukseskan Pilkada mendatang, semoga tidak ada aral melintang dan berjalan lancar,” tukasnya.

Hadir dalam kegiatan ini tampak Kapolres Ogan Ilir diwakili oleh Kabag Ops Kompol Kusyanto, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) OI, mahasiswa, organisasi pers dari PWI, IWO serta himpunan mahasiswa dari sekolah tinggi yang ada di Bumi Caram Seguguk. (Adie)

Bagaimana Menurut Anda