Rupinus: Kampung Online Ini Program Menuju Desa Mandiri

41

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Bupati Sekadau Rupinus, SH, M.Si melaunching program internet desa kampung online untuk desa-desa di wilayah Kecamatan Sekadau Hulu.

Kegiatan lauching internet desa ini dilaksanalan di halaman kantor Camat Sekadau Hulu, Rabu (9/9/2020).

Sebelumnya, yakni pada 6 Agustus 2020 lalu, Wakil Bupati Sekadau Aloysius, SH, M.Si juga telah melaunching internet desa untuk desa-desa di wilayah Kecamatan Nanga Mahap yang dilaksanakan di aula kantor camat setempat.

Camat Sekadau Hulu, Aloysius Ashari menyebutkan, tahun 2020 tercatat dari 15 desa yang ada di kecamatannya, terdapat 7 desa yang sudah mendapat akses internet atau internet desa kampung online.

“Dari 15 desa, ada 7 desa yang sudah terintegrasi internet,” ujarnya.

Sementara Bupati Sekadau Rupinus mengungkapkan, program kampung online ini merupakan program untuk menuju desa mandiri.

“Dunia sudah semakin canggih, makanya kita adakan program ini, dan untuk menuju desa mandiri. Program kampung online ini juga diapresiasi oleh Pak Gubernur,” kata Rupinus.

Bupati mengajak masyarakat Kabupaten Sekadau untuk bijak menggunakan jaringan internet.

“Mari kita gunakan jaringan internet ini dengan bijak, jangan sampai salah penggunaannya, karena ada pepatah mengatakan mulutmu adalah harimau mu, sekarang jarimu harimau mu,” terang Rupinus.

Bupati juga menyampaikan, desa yang sudah terakses internet bisa digunakan untuk mempromosikan berbagai potensi yang ada di desa. Misalnya hasil UMKM serta pariwisata.

“Internet ini bisa digunakan untuk mengekspos potensi dan BUMDes desa masing-masing. Dan jangan sekali-kali menggunakan jaringan internet ini untuk share berita hoax, ini melanggar UU ITE,” pungkas dia. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda