Pemkab Tapsel Gelar Sosialisasi SIKD

294

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel) selenggarakan sosialisasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD), bertempat di Torsibohi Nauli Hotel Sipirok, Kamis (10/10/2019).

Sosialiasi ini diikuti sedikitnya 75 orang dari seluruh OPD Tapsel dan kecamatan, dan dilaksanakan selama 1 hari penuh, dengan menghadirkan Harun Maulana dari Arsip Nasional RI, didampingi Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Tapsel Ongku Muda Atas Sormin.

Mewakili Bupati Tapsel, Sekda Parulian Nasution, saat membuka acara berujar, sosialisasi SIKD ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan kearsipan yang handal, hingga dapat menguasai teknologi dengan sistem digitalisasi.

“Pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Tapsel merupakan proses yang berkelanjutan, dan senantiasa tanggap terhadap dinamika yang berkembang, sesuai dengan kebutuhan serta kehidupan bermasyarakat,” katanya.

Kebutuhan itupun dipengaruhi dengan perkembangan teknologi informasi. Karenanya, untuk penyelarasan target, pilihannya adalah pembangunan SDM handal yang menguasai teknologi dan sistem administrasi kearsipan berbasis elektronik.

“Apalagi di era teknologi sekarang ini, sistem digitalisasi dalam pengelolaan administrasi pemerintahan merupakan kebutuhan yang sangat esensial dalam melaksanakan mekanisme pengelolaan administrasi,” sebut Parulian.

Sekda pun menekankan, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi harus dapat meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas di dalam penyelenggaraan pemerintahan di lingkungan Pemkab Tapanuli Selatan.

“Semoga dengan mengikuti sosialisasi ini, kedepan pengelola SIKD serta arsip di setiap OPD bisa lebih mengerti atas pengelolaan administrasi surat (arsip) berbasis digital secara konprehensif, sehingga dapat menghasilkan sistem pengelola yang efisien,” tandas sekda. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda