Pemkab Sergai Raih 2 Penghargaan dari Ditjen Perbendaharaan Sumut

289

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Rapat koordinasi (rakor) para kepala daerah se-Sumatera Utara dengan tema ‘Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah’ berlangsung di ruang Kuala Deli lantai 9 kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumut, Rabu (2/10/2019).

Pada rakor tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdang Bedagai (Sergai) meraih 2 penghargaan dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara (Provsu). Yaitu berupa harapan pertama kategori pemerintah daerah (pemda) terbaik dalam tingkat keaktifan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) tahun 2018. Selain itu, Kabupaten Sergai juga mendapat peringkat ketiga sebagai pemda terbaik dalam penyaluran kredit ultra mikro terbanyak sepanjang tahun 2017-2019.

Kedua penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Sergai Soekirman dari Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

SIKP sendiri merupakan sistem yang ditujukan untuk mempermudah pelaksanaan kredit program, khususnya Kredit Usaha Rakyat (KUR). SIKP awalnya dikembangkan oleh Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan.

Edy Rahmayadi mengharapkan sinergi dan kolaborasi antar seluruh daerah. Kata dia, Sumut merupakan provinsi unik yang memiliki potensi besar. Perdebatan yang tidak relevan tak perlu lagi dilanjutkan.

“Mengingatkan jika rakor harus memiliki output yang jelas, sehingga tidak berakhir menjadi sekadar kegiatan seremonial belaka. Silakan rakor. Saya ingin tahu jawabannya. Saya mau rakor ini jelas secara teknis, sehingga nanti akan ada satu laporan dan hasilnya bisa segera ditindak,” tegas dia.

Sementara Bupati Soekirman menyampaikan rasa syukur atas prestasi yang cukup membanggakan yang diraih Kabupaten Sergai ini.

“Alhamdulillah, Sergai kembali meraih perhargaan prestisius tingkat provinsi. Kita sama-sama berharap agar prestasi ini dapat menjadi modal dalam meningkatkan sinergi antara pemerintah dengan pelaku usaha, sehingga semangat berwirausaha masyarakat ikut meningkat,” jelas dia.

“Kita juga sangat menginginkan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Sergai semakin giat dalam berproses, agar di masa depan bisa ada diposisi prestasi yang lebih baik lagi. Optimis dengan perkembangan infrastruktur yang sudah dan akan terus digalakkan dapat berkorelasi langsung dalam meningkatnya pertumbuhan ekonomi daerah,” ungkap Soekirman. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda