TMMD Ke-106 Resmi Dibuka di Kabupaten Sergai

231

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Wakil Bupati Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya bertindak sebagai inspektur upacara dalam rangka pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 wilayah teritorial Kodim 0204/DS, bertempat di lapangan stadion PTPN III Gunung Pamela Kecamatan Sipispis, Selasa (2/10/2019).

Wabup mengatakan bahwa kegiatan program terpadu TMMD ke-106 tahun 2019, merupakan kegiatan manunggalnya TNI dan rakyat.

“Program kegiatan ini berasal dari rakyat dan untuk rakyat. Dengan manunggalnya TNI dan rakyat akan membuat negara kuat. Dalam program terpadu TMMD ini juga, TNI bersama Pemkab Sergai dan masyarakat akan melakukan beberapa pembangunan fisik, diantaranya pembuatan jembatan sepanjang 40 meter, pembuatan jalan sepanjang 1 Km dan rehab 2 unit rumah tidak layak huni,” jelas dia.

Selain pembangunan fisik, lanjut dia, kita juga akan melakukan penyuluhan di berbagai bidang. Diantaranya penyuluhan bela negara, penyuluhan narkoba, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan pertanian, penyuluhan perikanan, pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup dan kehutanan serta mitigasi bencana.

“Kita semua berharap kegiatan program terpadu TMMD terus ditingkatkan di masa-masa mendatang. Selain itu juga, pembangunan jembatan dan pembuatan jalan serta peningkatan statusnya akan lebih ditingkatkan lagi, sehingga program kegiatan TMMD ini lebih dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tegas wabup.

“Kami sangat berterima kasih kepada Kodam 1/BB dan Kodim 0204/DS serta semua pihak, baik sipil maupun militer yang ikut mensukseskan program TMMD ke – 106 tahun 2019,” tutup Darma Wijaya.

Sementars Danrem 022/PT Kolonel Inf. Raden Wahyu Sugiarto S.Sos menyebutkan bahwa TMMD awalnya ada tahun 1980 dengan nama Abri Masuk Desa (AMD). Kemudian di tahun 1998 menjadi TMMD.

“Adapun sasaran yang dilaksanakan terdapat fisik dan non fisik. Secara fisik yaitu peninjauan secara bersama, seperti peninjauan jalan dan jembatan, pembuatan rumah tidak layak huni dan rumah anti gempa. Dalam hal ini, kita ingin menjadi pilot project dalam hal membangun desa, khususnya di Pemkab Sergai,” jelas dia.

“Tujuan dari kegiatan ini juga supaya perwujudan TNI kemanunggalan bersama rakyat terjalin interaksi dan komunikasi yang baik, dengan sasaran fisik terwujudnya akses jalan terbuka serta jalur untuk hasil alam dapat tersalurkan, sehingga akan menimbulkan rasa berbangsa dan bernegara sekaligus semangat bela negara,” pungkas dia.

Dalam acara tersebut diwarnai dengan pembacaan nota TMMD ke-106 tahun 2019 oleh Dandim 0204/DS Letkol Kav.Saymsul Arifin SE M.Tr (Han), serta dilanjutkan dengan peninjauan lokasi. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda