Pemkab Way Kanan Studi Pembelajaran Literasi ke Lambar

191

LAMBAR-LAMPUNG, BERITAAND – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way Kanan studi pembelajaran literasi ke Pemkab Lampung Barat (Lambar), Rabu (2/10/2019).

Bertempat di Sekretariat Tim Gerakan Literasi Daerah (GLD) Kabupaten Lampung Barat, rombongan diterima langsung oleh Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lambar Sarjak SH, dan Sekretaris Tim GLD Lambar Drs Sandarsyah.

Rombongan dari Kabupaten Way Kanan terdiri dari Kepala Bidang Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Way Kanan Suharmaji Spd MM, kemudian ada Ketua PIC Transformasi Perpustakaan Akhmad Khoirudin SE, Ketua MKKS SMP 4 Way Kanan Drs Suparno MM dan Kepala Sekolah SMPN di Way Kanan Mustopa S.Pd M.MPd.

Usai melakukan kegiatan di Sekretariat Tim GLD Lambar, rombongan dari Way Kanan berkunjung ke SMP Literasi di Sekuting Terpadu Kecamatan Balik Bukit, serta mengunjungi Perpustakaan Pekon Padang Tambak di Kecamatan Way Tenong.

Sekretaris Tim GLD Lampung Barat Sandarsyah mewakili Ibu Ketua Partinia Parosil Mabsus menjelaskan hal-hal yang menjadi poin tujuan kunjungan kerja Kabupaten Way Kanan.

“Tim GLD di Lampung Barat memiliki tag line ‘Literasi di Negeri Kopi Lampung Barat’. Untuk Tim GLD-nya dikukuhkan pada 27 September 2019 di Pekon Padang Tambak Kecamatan Way Tenong, bersamaan dengan pengukuhan tersebut juga dicanangkan Pekon Padang Tambak sebagai Pekon Literasi oleh Bapak Bupati Parosil Mabsus,” jelas Sandarsyah.

“Aktifnya gerakan literasi di Lampung Barat selama kurun waktu satu tahun ini tidak terlepas dari komitmen Ibu Ketua Partinia Parosil untuk mendukung program bupati yang salah satunya adalah Lampung Barat sebagai kabupaten literasi,” jelas dia.

Sedangkan Suharmaji selaku ketua tim mengungkapkan bahwa kunjungan kerja mereka ke Lampung Barat dalam rangka persiapan Kabupaten Way Kanan sebagai kabupaten literasi.

“Beberapa hal penting yang menjadi tujuan kami ke Lampung Barat diantaranya, kami mempelajari struktur gerakan literasi di sini, juga struktur gerakan literasi kecamatan. Kemudian Tata cara pelantikan pengurus tim literasi daerah dan kecamatan. Serta kami juga berkunjung ke SMP Literasi di Sekuting Terpadu Kecamatan Balik Bukit, dan ke Kecamatan Way Tenong yang perpustakaan pekonnya selain juara satu tingkat provinsi, juga juara harapan satu di tingkat nasional tahun 2019 ini,” ungkap Suharmaji.

Suharmaji juga mengapresiasi kegiatan literasi di Lampung Barat yang banyak terlibat di dalamnya para penggiat-penggiat literasi dari ragam komunitas.

“Ada banyak hal yang akan menjadi pembelajaran kami di Lampung Barat, terkait gerakan literasinya yang aksinya kami nilai sudah sepatutnya menjadi contoh untuk kami terapkan di Way Kanan,” pungkas Suharmaji. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda