Pemkab Sergai Peringati Hari Koperasi Nasional ke-72

245

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) peringati Hari Koperasi Nasional yang ke-72, sekaligus mengadakan temu aspirasi gerakan koperasi dan pencanangan program pengembangan usaha mikro produk lokal, bertempat di halaman kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Kamis (3/10/2019).

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengatakan, koperasi bisa menjadi besar dan mendunia jika semua insan koperasi mampu berinovasi dan mereformasi total, memperbaiki bersama kelemahan dan memanfaatkan potensi yang ada secara maksimal.

“Jika koperasi maju dan besar sudah tentu pelaku usaha mikro yang ada di dalamnya juga ikut maju. Untuk bisa sampai disana, maka koperasi dan pelaku usaha mikro (UMKM) harus siap menghadapi era globalisasi, dimana digitalisasi mewarnai kehidupan industri yang tentunya membawa imbas pada perilaku keseharian seluruh lapisan masyarakat,” kata dia.

Penggunaan produk lokal juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan UMKM daerah. Misalnya dengan konsumsi beras organik hasil produksi petani lokal tentu akan berdampak langsung terhadap pelaku usaha mikro UMKM.

“Kita juga bersama dapat saling membantu untuk mempromosikan produk-produk unggulan lokal. Kita harus inisiatif membuat gerakan, karena kalau bukan kita siapa lagi. Kalau bukan sekarang kapan lagi?” katanya dengan mantap.

Sementara sambutan dari Dekopimda, H. Adam Nuh mengutarakan, bahwa koperasi yang telah berusia 72 tahun tentu mengalami berbagai macam perkembangan. Mengapa koperasi perlu dibangun, karena dapat membangkitkan perekonomian rakyat. Oleh karenanya kita harus bisa memasyarakatkan koperasi tersebut.

Dalam temu aspirasi ini juga diadakan kegiatan promosi produk yang diikuti beberapa pelaku usaha mikro. Produk-produk yang dijajakan bisa dibeli langsung oleh para peserta yang menghadiri kegiatan. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda