Oknum Eks Kades Kemantan Agung Diduga Kerjakan Jalan Asal Jadi

382

KERINCI, BERITAANDA – Disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi agar seluruh kepala desa mengoptimalisasikan dengan jujur dan transparan dalam penggunaan dana desa (DD), sepertinya tidak terwujud. Disebabkan dana desa diduga dijadikan dalam ajang meraih keuntungan oleh oknum tertentu.

Dari hasil investigasi BERITAANDA di salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci, tepatnya Desa Kemantan Agung, terdapat pengerjaan jalan usaha tani diduga dikerjakan asal jadi.

Pasalnya, di lokasi jalan tersebut pengerjaannya sangat tipis. Diduga kuwat telah terjadi ajang mencari keuntungan besar oleh oknum mantan kades setempat.

Menurut salah satu warga setempat yang meminta agar namanya tidak dipublikasikan kepada media ini mengatakan, sepengatahuan saya jalan ini (JUT) baru dikerjakan lebih kurang satu setengah bulan sudah banyak yang retak dan terkelupas.

“Saya menduga proyek ini tidak sesuai dengan juknis yang sudah dibuat sebelumnya,” kata warga setempat, Kamis (23/2/2023).

“Saat pengerjaan jalan ini tidak terlihat adanya papan informasi di lokasi, terkesan bahwa Zulhaidi (eks Kades Kemantan Agung) tidak transparan terhadap publik mengenai anggaran pembangunan jalan ini,” tambah dia.

Untuk mendapatkan perimbangan berita, BERITAANDA sebelumnya mencoba menghubungi Zulhaidi dengan cara mendatangi ke rumahnya.

Sesampai disana, terlihat rumah yang bersangkutan tertutup, sehingga berita ini diterbitkan.

Menyikapi hal itu, Ketua LSM Tim Operasional Pemberantasan Korupsi (Topeksi) Mat Salim pun angkat bicara.

Ia sangat menyayangkan dan mengkritik keras atas pembangunan yang dilaksanakan Zulhaidi (eks kades), terutama jalan usaha tani yang dinilainya cacat mutu.

“Dalam waktu dekat saya akan surati secara resmi terkait dugaan korupsi pengerjaan jalan usaha tani yang dilakukan Zulhaidi tahun 2022, dan akan menindaklanjuti ke pihak penegak hukum apabila terdapat kejanggalan-kejanggalan kegiatan di Desa Kemantan Agung,” tutup Salim. (Tomi)

Bagaimana Menurut Anda