Kapolres Anggon Tegas, Minta Perusahaan Tak Manfaatkan Lahan Karhutla Ditanami Sawit

223
Bibit sawit di areal karhutla. (Ilustrasi)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Kapolres Sekadau AKBP Anggon Salazar Tarmizi SIK mengingatkan pihak – pihak yang melakukan pembakaran lahan di areal perkebunan kepala sawit untuk tidak menanam bibit sawit disisa pembakaran.

Hal ini diungkapkan Kapolres saat menghadiri peresmian pabrik PT Agro Andalan, Selasa (8/10/2019).

“Di jalan tadi, beberapa titik sisa pembakaran lahan, saya lihat sudah ditanami bibit sawit. Sudah diinformasikan sebelumnya, pembakaran lahan toleransinya untuk pertanian konvensional seperti padi, bukan sawit,” ujar Kapolres Anggon.

Kapolres menyatakan tindakan tersebut jelas menyalahi aturan, bahkan menantang hukum. Ia berharap, tidak ditemukan lagi kasus pembakaran lahan dengan alasan untuk pertanian konvensional, namun sebaliknya ditanami perkebunan kelapa sawit.

Kehadiran perusahaan, dikatakan Kapolres, tidak hanya memiliki tanggung jawab ekonomi kepada masyarakat.

“Warga juga harus memberikan pembinaan dan pengertian agar tidak melakukan tindakan karhutla. sebaliknya juga, agar jangan sampai perusahaan memanfaatkan masyarakat untuk pembukaan lahan dengan alasan pertanian konvensional. Setelah ditanami padi, lalu ditanami sawit, akal – akalan saja,” tukasnya.

Diketahui, dari pantauan di lapangan, di areal HGU perkebunan sawit PT Agro Andalan Desa Setawar terlihat beberapa lahan sisa pembakaran yang saat ini sudah ditanami bibit sawit, dan beberapa lainnya ditanami padi yang diselingi bibit sawit. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda