Bupati Rupinus Ingatkan Perusahaan Berdayakan Masyarakat Setempat

152
Bupati Rupinus saat meninjau produk kepala sawit PT Agro Andalan. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Bupati Sekadau Rupinus SH M.Si menekankan perusahaan perkebunan sawit agar memberdayakan masyarakat di sekitar wilayah perkebunan. Hal tersebut guna mengurangi angka pengangguran di Sekadau.

“Dari dua ratus ribu lebih penduduk Kabupaten Sekadau, 6 persen masih pengangguran. Diharapkan kehadiran perusahaan atau pabrik ini dapat menjadi solusi warga yang belum bekerja,” ucap Bupati Rupinus saat meresmikan pabrik CPO PT Agro Andalan, Selasa (8/10/2019) pagi.

Bupati berharap, perkebunan sawit yang sudah bisa membangun pabrik bisa menimbulkan multi efek kepada masyarakat dan peningkatan pajak pemerintah.

“Dalam pembangunan pabrik, perusahaan hendaknya memperhatikan masyarakat serta menggunakan tenaga kerja lokal. Terkecuali tenaga ahli yang benar – benar dibutuhkan,” tukas bupati.

Dikatakan bupati lagi, pembangunan perusahaan tidak hanya bertujuan ekonomi, namun juga ada proses pembelajaran kepada masyarakat dalam pengelolaan perkebunan sawit. Ia meminta agar perusahaan dan warga harus saling bersinergi, dimana saling membutuhkan dan tidak memunculkan konflik.

“Jadi saling membutuhkan. Masyarakat tanpa ada perusahaan tidak juga bisa meningkat perekonomiannya, perusahaan tanpa warga juga tidak bisa beroperasi,” pungkas bupati. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda