Kampanye Tumbler, Parosil Jalan Sehat Bersama Gubernur Lampung

169

LAMBAR-LAMPUNG, BERITAANDA – Jalan sehat tanpa sampah plastik (jastik) bersama Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi dipusatkan di lapangan Merdeka Liwa, Selasa (24/9/2019).

Bersamaan dengan ini, Bupati Lampung Barat (Lambar) H. Parosil Mabsus dan Wakil Bupati (Wabup) Drs. H. Mad Hasnurin kampanyekan penggunaan tumbler (botol minum yang dapat digunakan berkali kali).

Gubernur mengatakan, bicara tentang sampah plastik yang pasti mencemari daratan, lautan, dan udara, hingga kemudian kembali lagi ke manusia. Oleh karena itu, mari kita kurangi penggunaan botol plastik. Sebab tiap perubahan kecil bermakna dan tiap usaha sekecil apapun penting.

“Tindakan kecil yang dilakukan ribuan orang akan mengubah dunia,” tandasnya.

Kemudian Bupati menjelaskan, penggunaan botol tumbler akan mengurangi limbah sampah plastik dan juga botol plastik yang memiliki dampak bagi lingkungan, karena sampah botol plastik merupakan sampah yang sukar terurai.

“Sampah plastik dapat terurai tergantung pada jenis plastik yang digunakan dan proses terurainya bisa berlangsung antara 450 sampai 1000 tahun. Sekitar 50 miliar botol plastik digunakan setiap tahun di dunia, sehingga pembuangan sampah hampir tidak akan cukup untuk menampung dan berdampak juga terhadap kesehatan,” ungkap dia.

“Jika kita mulai menggunakan tumbler, bayangkan sudah berapa banyak sampah yang kita kurangi dalam setiap tahunnya. Maka dari itu, mari kita mulai saat ini kurangi penggunaan botol plastik, demi kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat sekitar,” pungkas dia. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda