Hadiri Wisuda Perguruan Serasan Muara Enim, Ini yang Disampaikan Wabup Juarsah

404

MUARA ENIM, BERITAANDA – Wakil Bupati Muara Enim H. Juarsah hadiri sekaligus membuka acara wisuda sarjana Starata 1 (S1) Sekolah Tinggi Perguruan Serasan Muara Enim, terdiri dari Sekolah Tinggi Ilmu teknik ke-XVII, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ke-XX dan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum ke-XVIII, bertempat di gedung kesenian Putri Dayang Rindu Muara Enim, Rabu (26/6/2019).

Perguruan Tinggi Serasan Muara Enim mewisuda sarjana sebanyak 123 mahasiswa yang terdiri dari 10 orang dari sekolah tinggi teknik sipil, 52 orang dari sekolah tinggi ekonomi, dan 61 orang dari sekolah tinggi ilmu hukum.

Hadir dalam acara tersebut Perwakilan Kopertais Wilayah Sumsel II, Ketua Yayasan Perguruan Serasan, para ketua sekolah tinggi hukum, teknik sipil dan hukum, Kepala OPD di lingkup Pemkab Muara Enim, perwakilan Kodim 0404 Muara Enim, Rindam II Sriwijaya Muara Enim, perwakilan Kapolres, Ketua KPU Muara Enim dan para mantan ketua sekolah tinggi.

Ketua Yayasan Perguruan Serasan Muara Enim Riswandar, SH dalam sambutanya mengucap selamat kepada 123 mahasiswa/i yang hari ini mendapat gelar sarjananya.

“Wisuda ini bukanlah akhir pencapaian dari suatu tahapan pendidikan, tapi merupakan langkah awal untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Juga sebagai tanggung jawab baru, agar dapat mengaplikasikan ilmu yang selama ini diperoleh di bangku pendidikan, kemudian diterapkan di tengah masyarakat,” kata dia.

Setelah proses wisuda ini, para wisudawan dan wisudawati menjadi cermin dari almamater tercinta. Karena itu, jagalah almamater dengan melakukan dan menunjukkan sikap yang positif ketika berada di tengah masyarakat.

“Kami sebagai pengurus yayasan mengucapkan terima kasih kepada para pengurus lembaga, dosen, dan staf yang bekerja dengan sepenuh hati, mengajar dan membimbing para mahasiswa sehingga mencapai tahapan wisuda ini,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Wakil Bupati Muara Enim H. Juarsah, SH. Dimana dirinya mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan pendidikannya selama 4 tahun lebih di Perguruan Tinggi Serasan.

“Yang saudara peroleh hari ini merupakan hasil kerja keras yang memerlukan pengorbanan, baik biaya maupun pikiran. Namun, dengan gelar akademik yang telah saudara raih, artinya saudara telah memiliki kesempatan lebih luas untuk berkiprah, meniti karier, dan menata masa depan yang lebih baik, bahkan mampu membuka lapangan pekerjaan sendiri kedepannya,” jelas dia.

”Perlu kita ketahui bersama bahwa dengan menyandang predikat sarjana ini, bukanlah hal yang selamanya bisa kita banggakan. Karena ada tugas besar menghadang seiring dengan status yang saudara sandang saat ini. Prestasi dan pencapaian yang didapat harus dipertanggung jawabkan secara akademik juga. Oleh karena itu diharapkan ilmu yang telah didapat berguna dan bermanfaat, terutama diri sendiri, keluarga, agama serta bangsa dan negara,” jelas dia lagi.

Ia menerangkan, sebagai generasi muda yang menyandang predikat sarjana S1, merupakan generasi penerus dan kader pemimpin yang akan memikul dan meneruskan perjuangan bangsa.

“Hakikat pemimpin harus memiliki pandangan jauh ke depan, artinya dalam kiprah pembangunan bangsa dan negara harus bekerja keras dan profesional. Memiliki loyalitas tinggi dan memegang teguh kejujuran serta mampu melihat berbagai interaksi, memegang posisi, sikap dan pandangan yang tepat dan akurat,” tambahnya.

Disini juga, lanjut Juarsah, Pemerintah Kabupaten Muara Enim menyampaikan selamat kepada Yayasan Perguruan Serasan, karena mendapatkan akreditasi B untuk sekolah tinggi ilmu hukum.

“Pencapaian ini segera dapat di ikuti oleh oleh sekolah tinggi lainnya,” terang dia.

Dinfofmasikan bahwa sebentar lagi Kabupaten Muara Enim akan memiliki fasilitas KEK, jalan tol dan mempunyai akses pesawat terbang, yang semua ini untuk kemajuan dan kesejahteraan Muara Enim.

“Kami berharap semoga Yayasan Perguruan Tinggi Serasan ini tetap konsisten dalam meningkatkan SDM yang berkualitas tinggi, mandiri, berakhlak serta berdaya saing dalam bidang teknik, hukum dan ekonomi, kedepannya mampu menjadi universitas,” pungkasnya. (Angga)

Bagaimana Menurut Anda