Efran Diprediksi Menangi Kompetisi Calon Ketua IWO Sumsel

142
Efran.

PALI, BERITAANDA – Perhelatan politik internal Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumsel akan ditandai dengan kompetisi dua calon Ketua IWO Sumsel yakni Efran (Ketua IWO PALI) dan Ardhy Fitriansyah (Bendahara IWO Sumsel).

Banyak harapan yang datang dari sejumlah simpatisan dan wartawan di PALI agar Efran bisa memenangi kursi bergengsi di IWO Sumsel. Diantaranya datang dari Ketua DPRD PALI H. Asri AG.

Sebagai mitra dalam membangun daerah, IWO PALI di bawah kepemimpinan Efran selama ini sudah sangat baik menjadi lembaga penyeimbang yang tetap konsisten membantu ide dan gagasan untuk membangun PALI.

Tentunya, menurut Asri, kiat kerja positif Efran di PALI melalui lembaga IWO yang dipimpinnya selama ini baru mewarnai di wilayah kabupaten. Bila kemudian dalam pekan ini Efran ikut dalam kompetisi Ketua IWO Sumsel, kata Asri, langkah itu merupakan hal positif.

Sebab menurut orang nomor satu di jajaran parlemen Kabupaten PALI ini, dengan masuknya Efran yang Insya Allah diharapkan akan memenangi dalam kompetisi tersebut, ide dan gagasan Efran akan lebih luas lagi.

“Kita berharap sebagai warga PALI, saya secara pribadi dan lembaga tentu berharap, Bung Efran menjadi yang terbaik dan berhasil duduk di Ketua IWO Sumsel. Harapannya, kalau Bung Efran di IWO Sumsel, ide dan gagasan yang selama ini hanya di wilayah Kabupaten PALI, Insya Allah akan menjangkau lebih luas di Sumsel,” ujar dia ketika dimintai komentarnya tentang pencalonan Efran yang akan ikut dalam kompetisi Ketua IWO Sumsel melalui Musyawarah Bersama Wilayah (Mubeswil) IWO Sumsel, Ahad (28/5/2023).

Asri menilai, sosok Efran sebagai wartawan di PALI dengan berita yang ditulis selama ini, selalu mengedepankan obyektifitas dan konsisten tentang pembangunan di PALI, baik yang sifatnya keberhasilan atau juga mengkritisi pembangunan dan kebijakan di Kabupaten PALI.

“Saya membaca berita yang ditulis Bung Efran itu obyektif. Kalau memang kondisi riilnya baik, ya ditulis baik. Tapi kalau ada yang kurang, ya ditulis kurang, sebagai kritik media terhadap kebijakan dan pembangunan di PALI. Maksud saya, tulisan atau beritanya tidak ada tendensi apapun, kecuali untuk kebaikan pembangunan di PALI,” ujarnya.

Komentar lainnya disampaikan M. Anasrul DN S.Pd selaku Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) PALI. Secara lembaga dan pribadi, ia tidak ingin masuk lebih dalam terhadap kompetisi Ketua IWO Sumsel.

“Saya tidak ingin terlibat terlalu jauh ke internal IWO Sumsel, sebab IWO punya mekanisme sendiri dalam proses pemilihan ketua,” ujarnya saat dimintai komentarnya tadi malam, Sabtu (27/5/2023) via handphone.

Terhadap pencalonan Efran, mantan Ketua KNPI PALI ini mengatakan, siapapun punya hak untuk ikut dalam kompetisi calon ketua organisasi, termasuk Efran di perhelatan persaingan calon Ketua IWO Sumsel.

Sebagai rekan satu profesi, Anas secara pribadi berbangga hati, karena sosok Efran yang merupakan putra daerah asal PALI akan ikut bersaing dalam kompetisi calon Ketua IWO Sumsel.

“Saya cukup berbangga hati, karena salah satu putra asli PALI, dalam hal ini saudara Efran, maju untuk berkompetisi di calon Ketua IWO Sumsel,” tambahnya.

Ada lebih dan kurang dalam diri Efran itu hal biasa dan manusiawi. Sebab, menurut Anas, tidak ada manusia yang sempurna. Namun, dengan segala kekurangan dan kelebihan itu, Anas berharap Efran juga akan mendapat hal terbaik dikepemimpinan IWO Sumsel.

“Ada kurang, ada lebih, ya itu manusiawi dalam setia diri manusia. Tapi, dengan semua kekurangan dan kelebihan itu, semoga Bung Efran mendapat hal terbaik dengan apa yang diharapkan,” tegasnya.

Harapan dan dukungan dari rekan seprofesi disampaikan juga Hendri Irdianto SH yang merupakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia (AWDI) PALI.

Hendri menilai, Efran merupakan sosok jurnalis yang penuh ide dan gagasan. Selama memimpin IWO PALI, menurut Hendri, sangat banyak terobosan dan gagasan yang telah dilakukannya, terutama yang berkaitan dengan dunia wartawan. (AMD)

Bagaimana Menurut Anda