Bupati Sekadau dan Forkompinda Monitor Pilkades Serentak di Zona 1

234

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Bupati Sekadau Rupinus, Kamis (3/10/2019) pagi sampai dengan sore, monitoring pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang dilakukan ke beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Sekadau Hulu, Nanga Taman dan Nanga Mahap.

Monitoring Bupati Rupinus di zona satu (1) pilkades serentak ini didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMD) Bayu Dwiharsono SE MM, Kapolres AKBP Anggon Salazar Tarmizi SIK, Dandim 1204.Sanggau Letkol Inf. Gede Setiawan, Pabung Kodim 1204/Sanggau Mayor Arh M. Setiawan, para camat, Kapolsek, Danramil serta panitia pelaksanaan pilkades.

Bupati saat diwawancarai BERITAANDA mengatakan, peninjauan pilkades serentak ini bertujuan melihat proses pelaksanaan pemilihan. Dari pantauan di beberapa desa di 3 kecamatan, sampai saat ini berjalan lancar dan tidak ada hambatan.

Meski berjalan lancar, bupati mengakui hasil konfirmasi forkompinda kepada panitia pemilihan di beberapa TPS ditemukan partisipasi pemilih rendah. Hal ini dinilai dari masih belum mencapai angka seratus persen masyarakat dalam daftar pemilih yang menggunakan hak suara sampai jelang siang.

“Kita harapkan masyarakat menggunakan hak pilihnya,” ujar Bupati Rupinus saat meninjau TPS 01 Desa Nanga Mahap.

Kepada para calon kades yang berkompetisi, bupati mengingatkan agar dapat menerima hasil pemilihan, baik menang atau kalah.

“Jangan melakukan hal-hal yang dapat merusak situasi kondusif dalam pemilihan kepala desa,” tegas bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Bayu Dei Harsono mengaku sampai dengan jelang siang, dirinya belum mendapatkan laporan dari staf dan pantia adanya permasalahan dalam pelaksanaan pemilihan.

Mengenai penyelesaian sengketa pemilihan kepala desa terkait hasil pemilihan, Bayu menjelaskan, akan diselesaikan mulai dari tingkat desa. Dilanjutkan dengan penyelesaian di tingkat kecamatan. Dan jika tidak didapat solusinya, maka dilanjutkan penyelesaian di tingkat kabupaten.

“Kita sangat berharap semua calon kepala desa yang berkompetisi dapat menerima hasil perhitungan perolehan suara pilkades,” pungkas Bayu.

Pilkades yang berlangsung hari ini dilaksanakan secara serentak di 68 desa dalam 7 kecamatan Kabupaten Sekadau. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda