Bupati Jarot Canangkan Festival Kampung Literasi dan Taman Baca Masyarakat Desa Merah Arai

213

SINTANG-KALBAR, BERITAANDA – Bupati Sintang Jarot Winarno meresmikan sekaligus mencanangkan festival kampung literasi dan taman baca masyarakat di Desa Merah Arai Kecamatan Kayan Hulu Kabupaten Sintang, Selasa (29/10/2019), bertempat di SD 15 Merah Arai.

Bupati mengatakan bahwa literasi itu ada enam dimensi yang diprogramkan oleh pemerintah. Antara lain literasi baca tulis, literasi berhitung, literasi sains, literasi finansial, literasi budaya dan keluarga, serta literasi digital.

Jarot menambahkan bahwa di Desa Merah Arai ini mengembangkan tiga dimensi literasi dari enam dimensi literasi.

“Disini memilih tiga literasi, yakni literasi baca tulis, literasi digital, literasi budaya dan keluargaan. Disini juga mereka fokuskan literasi budaya dan kekeluargaan, karena untuk melestarikan kearifan lokal diikuti dengan literasi baca dan tulis,” tambahnya.

Bupati mengaku bangga dengan adanya kegiatan seperti ini, karena dapat memberikan dorongan motivasi literasi bagi semua kalangan.

“Saya bangga, karena disini ada sebuah karya buku yang dilahirkan oleh sesepuh atau orang tua asli sini, namanya Pak Suhaidir. Beliau menulis buku yang berjudul ‘Cerita Dari Kayan’, tentu ini menjadi kebanggaan dan motivasi bagi kita untuk melestarikan budaya literasi,” ucapnya. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda