BRI Berikan Apresiasi Terhadap Program Pemkot Gunungsitoli Ini

176

GUNUNGSITOLI –SUMUT, BERITAANDA – Penyaluran perdana pinjaman dana bergulir diberikan kepada para debitur tahap pertama sebanyak 16 debitur, terdiri dari 3 usaha koperasi dan 13 pelaku usaha mikro, dengan total pemberian pinjaman sebesar Rp404 juta. Sedangkan untuk penyaluran dana bergulir tahap berikutnya sudah menanti 119 orang.

Kepala UPTD Pengelola Dana Bergulir Kota Gunungsitoli, Torotodo Zega, SE dalam laporannya menyebutkan, bahwa untuk menampung pengembalian dana bergulir ini melalui kerjasama dengan BRI Cabang Gunungsitoli.

Sementara itu, Pimpinan Cabang BRI Gunungsitoli I Wayan Mastera menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap pemerintah atas peran dalam membantu masyarakat, dan mengajak kami sebagai mitra atau partner.

“Hal ini sejalan dengan program BRI itu sendiri, yaitu upaya pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis ekonomi mikro,” kata dia, Senin (24/6/2019).

Beliau turut mengajak masyarakat khususnya debitur yang hadir saat ini untuk bersama-sama menyukseskan program pemerintah beserta upaya-upaya yang dilakukan pemerintah dalam penguatan ekonomi masyarakat.

Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhamizaro Zebua juga menghimbau kepada UPTD sebagai pengelola dana bergulir, harus berusaha keras mewujudkan motto tri sukses, yaitu sukses penyaluran, sukses pemanfaatannya dan sukses pengembaliannya.

“Ketiganya harus diwujudkan secara serentak. Meskipun demikian, penyelenggara pengelolaan dana bergulir akan menggunakan prinsip kehati-hatian dalam dalam pengelolaannya,” tegas walikota.

Kemudian, Walikota Gunungsitoli bersama Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan menyerahkan secara simbolis pinjaman kepada 2 orang debitur.

Untuk diketahui, bahwa persyaratan pinjaman untuk koperasi antara lain fotocopy sertifikat nomor induk koperasi, fotocopy badan hukum koperasi, fotocopy akta pendirian/perubahan, fotocopy KTP pengurus dan pengawas, fotocopy hasil rapat anggota tahunan 2 (dua) tahun terakhir secara berturut-
turut dan hasil rapat anggota pengajuan pinjaman dana bergulir, fotocopy BPKB, STNK atau sertifikat agunan dan SPPT/PBB tahun terakhir (agunan atas nama koperasi) dan pas foto pengurus serta pengawas berwarna ukuran 3×4 (2 lembar).

Sedangkan untuk persyaratan pinjaman untuk usaha mikro antara lain fotocopy KTP suami-istri, kartu keluarga, akta nikah atau surat kematian, fotocopy BPKB, STNK, KTP pemilik agunan atau sertifikat agunan, SPPT/PBB tahun terakhir, pas foto pemilik usaha suami-istri berwarna ukuran 3×4 (2
lembar).

Jumlah pinjaman yang diberikan mulai dari Rp5 juta sampai Rp100 juta, dengan pengembalian secara angsuran setiap bulan dalam jangka 4 bulan sampai 34 bulan. Dan untuk informasi lebih lanjut bisa mendatangi kantor UPTD Dana Bergulir Kota Gunungsitoli, Jalan Gomo No 50 Kelurahan Pasar kota Gunungsitoli atau hubungi call center 0857-6177- 6016. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda