Babinsa Bersama Masyarakat Pargarutan Tonga Gotong-royong Bersihkan Lingkungan Desa

548

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Harmonisasi tampak terlihat antara Koramil 18/Pargarutan Kodim 0212/TS dengan masyarakat Desa Pargarutan Tonga, Angkola Timur, Tapanuli Selatan. Mereka bahu-membahu dalam kegiatan bersih-bersih di pemukiman setempat, Sabtu (22/6/2019).

Babinsa Koramil 18/ Pargarutan, Pelda Waja Naibaho mengatakan, aksi yang dilakukan secara bergotong-royong ini meliputi pembabatan rumput liar, menyapu dan membuang sampah, serta menimbun permukaan tanah rendah yang terlihat selalu tergenang oleh air hujan.

Menurut dia, setelah dalam beberapa hari terakhir, wilayah ini kerap turun hujan dan mengakibatkan lingkungan desa terlihat kurang bersih dan nyaman. Sehingga, pihaknya merasa terpanggil untuk mengajak warga setempat melakukan kebersihan.

“Banyak faedah yang dapat diambil dari kegiatan peduli lingkungan seperti ini. Fokus utamanya, yakni dalam rangka menumbuh kembangkan semangat kebersamaan bergotong-royong kepada masyarakat,” ujar Pelda Waja.

Selain kebersihan lingkungan sangat berpengaruh di bidang kesehatan, kata dia, juga menyangkut kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan desa yang nantinya bermuara pada ketenangan. Sebab lingkungan bersih, berdampak pada keteduhan berpikir.

“Kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Dan, sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) sudah menjadi sebuah kewajiban bagi kami memberikan contoh maupun imbauan dalam hal peduli kebersihan terhadap warga desa,” jelasnya.

Aksi Babinsa Koramil 18/Pargarutan ini mendapat apresiasi serta sambutan hangat Kepala Desa Pargarutan Tonga, Sahrul Supandi, berikut warganya. Mereka mengaku sangat senang atas keterlibatan Babinsa dalam kegiatan gotong-royong ini.

“Selama ini beliau-lah (Babinsa) yang selalu menjadi pelopor aksi gotong-royong. Ia selalu konsisten mengimbau sekaligus mengajak warga melakukan kegiatan bersih-bersih guna langkah antisipasi menghindari penyakit yang timbul akibat lingkungan yang kotor,” ujarnya. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda