Walikota Kunker di Gunungsitoli Alo’oa, Salurkan Dokumen Kependudukan

313

GUNUNGSITOLI -SUMUT, BERITAANDA – Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua didampingi Wakil Walikota Sowa’a Laoli, SE, M.Si melaksanakan kunjungan kerja (kunker) di Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa, tepatnya di Desa Nazalou Lolowu’a Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa, Selasa (21/10/2019).

Kunjungan Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli ini bertujuan untuk melihat langsung kondisi wilayah dan menghimpun aspirasi masyarakat, khususnya di Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa.

Disamping itu pula, dalam kunjungan kerja ini, walikota dan wakil walikota menyerahkan secara langsung dokumen kependudukan yang telah dicetak oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gunungsitoli.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Bernadine Telaumbanua menyampaikan, saat ini pemerintah kota melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gunungsitoli tengah melakukan berbagai macam kegiatan untuk pemenuhan kepemilikan identitas penduduk bagi setiap penduduk Kota Gunungsitoli melalui penerbitan dokumen kepedudukan secara cepat dan tepat. Dan hal ini dimerupakan peningkatan pelayanan administrasi kependudukan secara door to door di seluruh desa se-Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa, untuk memudahkan dan membahagiakan warga Kota Gunungsitoli di bawah kepemipinan Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli.

Pada kesempatan itu, Bernadine mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya dengan baik pelayanan ‘door to door’ ini, yang mana Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dibantu oleh Kepala desa, perangkat desa dan kepala dusun dengan menyisir setiap rumah warga hingga ke lokasi yang tidak dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat sekalipun.

Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhamizaro Zebua dalam arahannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih setinggi-tingginya kepada seluruh elemen masyarakat Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa yang telah mendukung program pemerintah selama ini.

“Demikian pula kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gunungsitoli yang dengan sigap melayani masyarakat dengan teknik ‘jemput bola’ hingga turun ke dusun dan pedesaan guna melengkapi dokumen administrasi kependudukan warga,” tambah dia.

Untuk itu, walikota mengajak seluruh masyarakat untuk lebih peduli lagi akan pentingnya dokumen kependudukan, karena dokumen ini adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita.

Beliau mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama mendukung program pemerintah sehingga dapat mewujudkan Kota Gunungsitoli yang maju, nyaman dan berdaya saing.

Selain pelayanan administrasi kependudukan yang berlokasi di kantor Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa, bersamaan dengan kegiatan berkantor di Kecamatan oleh Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli beberapa waktu lalu, pelayanan administrasi langsung dilanjutkan di Desa Nazalou Lolowua, Desa Fadoro You, Desa Tarakhaini dan Desa Niko’otano Dao.

Teknik ‘jemput bola’ yang digencarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gunungsitoli ini telah mulai dikerahkan sejak tanggal 6 Agustus 2019 dan berakhir pada 28 September 2019 dengan menyisir setiap rumah penduduk di setiap dusun se-Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa, sekaligus memberikan pemahaman untuk mendukung pentingnya kelanjutan program ini.

Sebagai informasi bahwa selama pelayanan ‘door to door’ ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gunungsitoli telah menerbitkan sebanyak 1.736 dokumen se-Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa, dengan jumlah penerima sebanyak 1.344 jiwa dari 8.027 jiwa penduduk Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, Staf Ahli Walikota, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Gunugnsitoli, para Kepala Perangkat Daerah Kota Gunungsitoli, Camat Gunungsitoli Alo’oa, para kepala desa se-Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa, para tokoh masyarakat dan tokoh agama se-Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa beserta segenap hadirin dan warga desa Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda