Walikota Gunungsitoli Hadiri Malam Pagelaran Festival Seni dan Kreativitas Budaya Nias

276

GUNUNGSITOLI-SUMUT, BERITAANDA – Walikota Gunungsitoli Ir Lakhamizaro Zebua menghadiri malam pagelaran Festival Seni dan Kreativitas Budaya Nias di Taman Yaahowu Kota Gunungsitoli, Sabtu (12/10/2019).

Pada malam pagelaran ini seluruh sanggar dari sekolah se-Kota Gunungsitoli menampilkan kebolehannya di bidang seni dan kreatifitas budaya Nias di Kota Gunungsitoli.

Penampilan pertama dibuka oleh Sanggar SD Negeri 1 Gunungsitoli yang menampilkan Tari Ya’ahowu, kemudian dilanjutkan dengan penampilan sanggar SMA Sukma Unggulan Nias dengan tari kreasi Opodo Podo-nya yang membahana.

Penampilan yang tak kalah meriah juga dibawakan oleh Sanggar Samaeri dengan lagu Mogae Gito, dilanjutkan dengan atraksi dari Sanggar Sowua SMPN 2 Kecamatan Gunungsitoli Idanoi yang menampilkan Tari Moyo sangat lemah gemulai. Sanggar Hulayo dari SMA Swasta Pembda 1 merupakan penampilan ke-5 yang membawakan vocal grup musik tradisional.

Sedangkan penampilan ke-6 kembali dibawakan oleh Sanggar SMA Sukma Unggulan Nias dengan vocal grupnya yang cukup kompak.

Festival ini ditutup dengan penampilan Sanggar Samaeri yang menyuguhkan tari etnis Kepulauan Nias, merupakan gabungan dari beberapa jenis tari yang terdiri dari tari Mogaele, tari Moyo, tari Tuwu, tari Perang dan tari Maula atau tari Fangowai Gali Afo.

Turut serta mendampingi Walikota Gunungsitoli yaitu didampingi Asisten Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli dan para kepala perangkat daerah lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli, juga dihadiri oleh pimpinan sanggar dari masing-masing sekolah, para tokoh budaya dan pemerhati budaya di Kota Gunungsitoli, para peserta sanggar se-Kota Gunungsitoli dan segenap tamu undangan lainnya. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda