Waduh, Dokumen Penting Milik Dinas PUPR Sekadau Ditemukan Berserakan di Tengah Jalan

663

KALBAR-SEKADAU, BERITAANDA – Setumpuk kertas yang berisi gambar-gambar rancang bangunan serta perangkatnya secara tidak sengaja ditemukan wartawan BERITAANDA Biro Kabupaten Sekadau, Senin (14/10/2019) kemarin.

Lembaran-lembaran kertas berukuran lumayan besar tersebut berserakan di atas aspal Jalan Panglima Naga Komplek Pasar Baru Sekadau Hilir.

Wartawan BERITAANDA yang secara tak sengaja melintas dengan sepeda motor di Jalan Panglima Naga Pasar Baru Sekadau pada waktu itu, melihat lembaran – lembaran kertas tersebut berhamburan di jalan.

Saat dilihat, sepintas terlihat bagian atas kertas berlogo Pemerintah Kabupaten Sekadau, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang serta tertera tulisan gambar kerja struktur. Sedangkan di bagian bawah tertulis DED Kantor Bersama KONI dan Fasilitas Mimbar Tilawah MTQ Kabupaten Sekadau.

Membaca judul lembaran bagian atas kertas tersebut, BERITAANDA berinisiatif mengumpulkan bagian – bagian kertas yang berserakan di jalan.

Saat mengumpulkan kertas – kertas itu, nyaris saja wartawan BERITAANDA mengalami celaka, disebabkan sebuah mobil melaju kencang dari arah depan. Meski demikian, malang dapat dihindari dengan segera mengelak ke tepi. Namun, handphone yang berada di saku baju kemeja, sempat terlempar ke aspal dan mengalami keretakan pada bagian touchscreen.

Setelah lembaran tumpukan kertas itu terkumpul, di kediaman sang wartawan BERITAANDA, satu-persatu lembaran dibaca secara seksama.

Di salah satu bagian, terdapat gambar-gambar seperti sebuah bangunan dan di sisi kiri kertas tertulis beberapa nama seperti, Ir.Ahmad Suryadi MT, dengan NIP : 19641201 1994 03 1 010 selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Sekadau selaku pengguna anggaran dan nama seseorang ASN yang menjabat Kabid saat ini di Dinas PU selaku PPTK.

Sedangkan pada kolom bawah tertulis program, peningkatan dan pembangunan sarana dan prasarana, kegiatan, penyusunan dan pengumpulan data informasi kebutuhan penyusunan dokumen perencanaan, serta kolom pekerjaan tertulis DED Kantor Bersama KONI dan Fasilitas Mimbar Tilawah MTQ Kabupaten Sekadau. Lokasi Kabupaten Sekadau.

Pada kolom akhir di bagian bawah, tertera konsultan perencana tulisan seperti stempel cap PT.Wahana Reka Perkasa dengan ditandatangi oleh seseorang bernama Andreas Prayogo ST dengan jabatan direktur.

Menduga lembaran kertas tersebut merupakan bagian dari perencanaan pembangunan fisik di salah satu program Dinas PUPR, BERITAANDA berusaha mencari refrensi dan menghubungi beberapa pihak. Diantaranya yang dikonfirmasi seperti kepala bidang yang tertera namanya di dalam lembaran maupun perwakilan managemen PT.Wahana Reka Perkasa.

Benar saja, sehari kemudian, BERITAANDA mendapatkan jawaban kepastian, bahwa lembaran – lembaran tersebut bagian dari perencanaan pembangunan fisik fasilitas KONI dan Mimbar MTQ di Dinas PUPR.

“Benar bang, saya waktu itu kirim via travel ke Dinas PUPR Sekadau, kenapa bisa tercecer di jalan, ya,” ujar seseorang yang mengaku bernama Fitra, sebagai bagian dari PT Wahana Reka Perkasa di Kota Pontianak saat dikonfirmasi via seluler.

Lain lagi dengan managemen PT Wahana Reka Perkasa di Jakarta yang dikontak via WhatsApp, yang membenarkan bahwa mereka melaksanakan pekerjaan perencanaan pembangunan gedung bersama KONI dan panggung tilawah MTQ, namun langsung menyatakan bahwa mereka belum mendapatkan bukti potongan pajak PPN dan PPH. Sedangkan, salah satu Kabid di Dinas PUPR saat dikonformasi membenarkan bahwa dokumen rancangan tersebut milik mereka.

Setelah mendapatkan informasi resmi dari berbagai pihak yang dikonfirmasi, Segara BERITAANDA melakukan koordinasi. Dan pada hari Selasa (15/10/2019) siang, segera tumpukan kertas berisi gambar – gambar perencanaan itu diserahkan ke salah satu pejabat di Dinas PUPR.

Namun menjadi misteri, bagaimana dokumen yang diperkirakan cukup penting tersebut bisa berada di tengah jalan raya dalam kondisi berserakan di jalan. Hal ini menunjukkan kurangnya disiplin atau ketidakhati-hatian pihak-pihak yang berkompeten dalam menjaga dokumen pemerintah tersebut. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda