Pemkab Lambar Adakan Simulasi Penanggulangan Krisis Bencana

143

LAMBAR-LAMPUNG, BERITAANDA – Apel simulasi penanggulangan krisis kesehatan atau bencana dibuka langsung oleh Wakil Bupati Lampung Barat (Lambar) Drs. H. Mad Hasnurin, bertempat di lapangan Indrapati Cakra Negara, Kamis (17/10/2019), ditandai dengan pemasangan rompi krisis kesehatan.

“Simulasi penanggulangan krisis kesehatan atau bencana ini bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang penanggulangan bencana dan mensimulasikannya, serta tersedianya sumber daya manusia yang terlatih di bidang kebencanaan di Kabupaten Lampung Barat,” ujar dia.

Disamping itu, kata Wabup lagi, kemampuan perlindungan masyarakat dalam penanggulangan bencana juga ditingkatkan melalui simulasi penanggulangan bencana yang terencana, sistematis dan berkelanjutan.

“Sebagaimana yang sedang kita laksanakan ini, rencana penanggulangan bencana akan tidak efektif jika tidak didukung oleh kebijakan pemerintah yang jelas, anggaran yang cukup, fasilitas dan peralatan yang memadai, serta ada dukungan dari semua pihak terkait dan masyarakat,” tegas dia.

Sehingga, kata wabup, kemampuan aparat dan masyarakat dalam penanggulangan bencana diharapkan dapat membantu dalam proses penanggulangan bencana melalui pencarian dan penyelamatan, pemberian pengobatan, serta perawatan korban bencana. “Baik dalam kecepatan maupun ketepatan waktu penyelamatan dengan dukungan pengetahuan dan peralatan yang memadai,” pungkas dia. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda