Uskup Sanggau dan Bupati Rupinus Buka BKSN Serta Pasparani Sekadau

234
Pemukulan gong oleh Uskup Agung Sanggau bersama Bupati Rupinus. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Pelaksana Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) dan Pesta Paduan Suara Gereja Nasrani (Pasparani) umat Katolik Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau, dibuka oleh Uskup Yulisus Mancucini CP dan Bupati Rupinus, bertempat di Betang Yout Center, Senin (23/9/2019).

Ketua panitia Pinsensius menjelaskan bahwa bulan September telah dikhususkan oleh Gereja Katolik Indonesia sebagai Bulan Kitab Suci Nasional.

“Di setiap keuskupan dilakukan berbagai kegiatan untuk mengisi bulan ini, mulai di lingkungan, wilayah, paroki, biara, maupun di kelompok-kelompok kategorial,” kata Pinsensius.

Kegiatan tersebut diisi dengan perlombaan, olahraga, permainan rakyat, serta hiburan.

Bupati Rupinus juga mengajak umat untuk memaknai tema BKSN dan Pasparani ini mewartakan kabar baik di tengah krisis lingkungan hidup.

“Saya meminta panitia untuk adanya kegiatan penanaman pohon sebagai contoh bagi masyarakat dan umat melestarikan lingkungan,” ungkap bupati.

Keterkaitan pelaksanaan BKSN diharapkan umat memiliki kitab suci, mengimplementasikan kitab suci dalam kehidupan sehari-hari serta mengamalkannya dalam kehidupan.

Uskup Yulius Mancucini CP menegaskan, bahwa BKSN menjadi pengingat umat untuk memiliki kitab suci serta mewartakan kitab suci.

“Kegiatan BKSN diharapkan umat Katolik ambil bagian dalam kegiatan serta mencintai kitab suci,” saran Uskup.

Tahun ini BKSN digabungkan dengan Pasparani yang dibuka dengan pawai oleh peserta kegiatan. Pasparani, kata Uskup, merupakan bentuk syukur melalui pujian dan nyanyian kepada Tuhan.

Sebelum dibuka, dilaksanakan kegiatan penanaman pohon di halaman Betang Yout Center oleh Bupati Rupinus, Wakil Bupati Aloysius, Kapolres AKBP Anggon Salasar Tarmizi SIK, Uskup Mensiyur Yulius Mancucini, serta Pastor Cristianus CP.(Arni)

Bagaimana Menurut Anda