Touring Mapan RI Tapsel: SDM Penentu Kelestarian Alam

566
Rombongan touring Mapan RI Tapsel singgahi objek wisata Air Terjun Simatutung Tapsel, Sabtu (28/9/2019).

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Dalam rangka membangun solidaritas serta kekompakan antar sesama pengurus, DPC Mapan RI Tapanuli Selatan (Tapsel) melakukan kegiatan touring melintasi alam menuju Pantai Barat.

Rute yang diambil puluhan pengurus Mapan RI Tapsel ini adalah menyusuri jalur jalan nasional lintas barat Batang Toru Kabupaten Tapsel, menuju Natal Kabupaten Mandailing Natal, dengan menunggangi kendaraan roda empat serta roda dua atau sepeda motor.

Dipandu Pembina DPC Mapan RI Tapsel Aswin Efendi Siregar, titik start touring dimulai dari Padangsidimpuan, Sabtu (28/9/2019) kemarin. Rombongan mulai bergerak pukul 08.00 Wib, melintasi pesisir danau Siais, atau danau terbesar kedua di Sumatera Utara.

“Kami bermalam di Pantai Batu Badaun Desa Sihapas, Kecamatan Muara Batang Gadis dan dan disambut hangat Kepala Desa dan Naposo Bulung Sikapas,” kata Aswin Efendi, yang juga Wakil Bupati Tapsel, melalui pesan tertulis diterima BERITAANDA, Ahad (29/9/2019).

Keesokan paginya, lanjut dia, sebelum melanjutkan perjalanan menuju Pantai Natal, Panyabungan, dan bertolak ke Kota Padangsidimpuan, mereka dilepas langsung oleh Kapolsek Muara Batang Gadis, Kabupaten Mandailing Natal.

Dijelaskan Aswin, kegiatan touring ini dilakukan sebagai agenda pembubaran panitia pelaksanaan pelantikan DPC Mapan RI Tapsel belum lama ini. Touring ini juga sebagai bentuk solidaritas dan kebersamaan antara sesama pengurus.

Tidak sampai disitu, kata dia, sepanjang rute perjalanan yang dilalui, pihaknya melakukan sosialisasi bahaya narkoba dengan cara menempelkan brosur anti narkoba di sejumlah lokasi, terutama di objek wisata alam yang disinggahi.

“Sepanjang perjalanan, kami senantiasa disuguhi indahnya ciptaan-Nya, seperti Danau Siais, air terjun Simatutung, Pantai Natal dan pemandian air panas Purba Julu yang ada di wilayah Tapsel dan Mandailing Natal,” imbuh Aswin.

Ketua DPC Mapan RI Tapsel, Adi Melperi menambahkan, melalui kegiatan touring ini, pihaknya semakin termotivasi untuk membantu pemerintah dalam hal upaya menjauhkan para generasi muda dari perilaku menyalahgunakan narkotika.

“Alam sudah sedemikian indah dibuat oleh Sang Maha Kuasa, maka tugas manusia untuk menjaga ekosistem itu. Dan, apabila sumber daya manusianya justru terpapar oleh narkoba, mustahil rasanya titipan Tuhan itu dapat terawat dengan baik,” tandas Adi. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda