Tim Penilai Kecamatan Terbaik Provsu Kunjungi Batang Angkola

1779

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Tim Penilai Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) tahun 2019, berkunjung ke Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Selasa (8/10/2019) pagi.

Kunjungan ini merupakan agenda penilaian kecamatan terbaik yang dalam hal ini, oleh Kabupaten Tapanuli Selatan menjadikan Batang Angkola sebagai duta untuk mengikuti perlombaan kecamatan terbaik tersebut.

Kedatangan tim penilai didampingi Bupati Tapsel, disambut oleh Camat, Danramil, Kapolsek, tokoh adat dan Ketua TP PKK Kecamatan Batang Angkola. Penyematan ulos kepada ketua tim penilai dan bupati, dan kalungan bunga bagi anggota tim.

Tim penilai diketuai oleh Ervan Gani P Siahaan juga Kabag Perbatasan dan Pertanahan pada Biro Pemerintahan Provsu, didampingi para anggota yaitu Achmad Firdausi Hutasuhut, Joni Irwanto, H Chairun F Simanjuntak, Siti Rahmah dan Syafrina S Simanjuntak.

Kegiatan ini turut dihadiri anggota DPRD Tapsel, Kepala BNNK Tapsel, Ketua PKK Tapsel Syaufia Lina Syahrul M. Pasaribu, para pejabat Tapsel, camat se-Tapsel, forkopimcam, DWP, Kacab Bank Sumut Sipirok, kepdes/lurah se-Batang Angkola, PKK Kecamatan, desa dan kelurahan, karang taruna, serta tamu undangan lainnya.

Ucapan selamat datang kepada tim penilai kecamatan terbaik beserta rombongan, mengawali kata sambutan Bupati Tapsel H. Syahrul M. Pasaribu. Dia berharap tamu kehormatan tersebut merasa senang sekaligus betah selama berada di Kabupaten Tapsel.

Bupati mengatakan, Kecamatan Batang Angkola sendiri merupakan kecamatan induk di daerah setempat. Kecamatan ini telah melahirkan 3 kecamatan, yaitu Sayurmatinggi (mekar tahun 2002), Tantom Angkola (mekar tahun 2010), dan Angkola Muaratais (tahun 2018).

“Setiap adanya pemekaran kecamatan di Tapsel tidak pernah terjadi masalah. Masyarakat seolah menyadari betul bahwa hakikat pemekaran itu tiada lain untuk meningkatkan pembangunan, mempermudah pelayanan, serta untuk memakmurkan masyarakat,” kata dia.

Syahrul berharap, Kecamatan Batang Angkola yang sudah menjadi pemenang di tingkat kabupaten, sekaligus menjadi wakil Kabupaten Tapsel ditingkat Provsu, bisa tampil dengan baik sesuai dengan aturan-aturan yang sudah disepakati oleh tim penilai dari Provsu.

Ketua Tim Penilai Kecamatan Terbaik Tingkat Provsu, Ervan Gani P Siahaan menyampaikan, kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini bertujuan untuk melihat prestasi kerja (kinerja) yang dilaksanakan camat berdasarkan tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi)-nya.

Kinerja itu meliputi pelayanan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi, swadaya gotong-royong, serta upaya pembinaan bagi aparatur pemerintahan di kecamatan dan kelurahan bagi warga.

Sebelumnya, Ali Sati yang merupakan tokoh masyarakat kecamatan setempat juga mengucapkan selamat datang dan apresiasinya kepada rombongan tim penilai lomba. Dia berharap Kecamatan Batang Angkola akan memperoleh nilai yang memuaskan serta membanggakan.

“Kami yakin dan percaya sepenuhnya, tim penilai lomba kecamatan terbaik dari Sumatera Utara akan memberikan penilaiannya secara objektif. Menurut kami, Kecamatan Batang Angkola layak menjadi nominasi kecamatan di tingkat Provinsi Sumatera Utara,” harap dia.

Menurut ekspos Camat Taufik R Lubis menyebutkan, luas wilayah Kecamatan Batang Angkola adalah sekitar 211,53 m2. Jumlah penduduknya kini mencapai 22.348 jiwa yang terdiri dari 5.865 kepala keluarga, dan tersebar di 17 desa ditambah 4 kelurahan.

Penilaian kemudian berlanjut pada sesi tanya-jawab serta dialog dan bermuara pada harapan tim penilai agar kegiatan tersebut menghadirkan motivasi kepada camat dalam meningkatkan pelayanan secara prima terhadap masyarakat. Dan, acara diakhiri dengan sesi foto bersama. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda