Terungkap, Ini Usulan Prioritas dari Kecamatan SP Padang, Petir dan Air Sugihan

733
Musrembang Kecamatan SP Padang.

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Demi keberlangsungan serta keberlanjutan pembangunan nasional dan daerah, maka Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (Pemkab OKI) setiap tahun menyusun RKPD sebagai penjabaran RPJMD Kabupaten OKI tahun 2019 – 2024.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten OKI, Makruf, CM, S.Ip, MM, Jumat (11/1/2019).

Kata dia, untuk penyusunan RKPD harus melalui suatu proses pada setiap tingkat pemerintahan, dan harus melibatkan komponen masyarakat (stakeholder) sehingga program pemerintah serta aspirasi masyarakat dapat diakomodir dalam perencanaan pembangunan.

“Oleh karenanya, usulan dalam musrenbang tingkat kecamatan hendaknya program prioritas kebutuhan masyarakat sekaligus dapat menjawab permasalahan yang ada. Lalu akan disinkronkan serta diintegrasikan dengan program OPD dan pokok pikiran anggota DPRD OKI dalam musrenbang RKPD akan dilaksanakan mendatang,” tandasnya.

Camat SP Padang Herliansyah Hilalluddin mengungkapkan beberapa usulan prioritas, diantaranya rehab berat kantor kecamatan, serta pembangunan jalan lingkar Desa Pantai ke Desa Belanti sudah kita sampaikan dalam musrenbang tingkat Kecamatan SP Padang kepada pihak Bappeda OKI.

“Warga meminta adanya pengaspalan ruas jalan ke Desa Pematang Buluran dan pembangunan pintu air di Desa Ulak Jermun, dan ini juga sudah kita sampaikan pada kegiatan musrenbang tersebut,” katanya singkat.

Musrembang Kecamatan Petir.

Lain halnya dengan wilayah Kecamatan Pedamaran Timur (Petir). Menurut Arie Mulawarman selaku Camat Pedamaran Timur, dalam kegiatan yang dilaksanakan selama dua (2) hari di balai Desa Sumber Hidup didapat beberapa usulan prioritas dan telah disampaikan.

“Diantaranya, usulan pembangunan jalan Desa Sumber Hidup menuju Desa Gading Raja, Pulau Geronggang dan Maribaya. Jalan poros desa, mobiler dan bangunan sekolah serta pembuatan TPA berikut kendaraan pengangkutan sampah,” ungkapnya.

Tak hanya itu, kita juga mengusulkan Pembangunan gedung olahraga dan penambahan sumber daya manusia (SDM) atau tenaga pendidik, guru di SLTP Negeri 5 Pedamaran Timur, juga pembangunan pagar KUPTD KB dan pembuatan pasar.

Musrembang Kecamatan Air Sugihan.

Berbeda dengan Kecamatan Air Sugihan. Menurut Camat Air Sugihan Suradi. S.IP M.SI beberapa usulan prioritas diantaranya, pengadaan sarana air bersih atau PDAM, lanjutan pembangunan jembatan yang menghubungkan Air Sugihan – Banyuasin, cor jalan ke kecamatan dari Desa Nusantara ke Desa Kertamukti.

“Lalu pembangunan jembatan primer Desa Muktijaya jalur 25 dan jembatan jalur 24 yang menghubungkan Muktijaya ke Suka Mulya serta usulan tower sarana komunikasi di jalur 23 dan 25,” ungkap Camat Air Sugihan singkat. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda