Syahrul ke Anggota DPRD: Kita Bangun Tapsel Sesuai Tupoksi

273

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Penyematan tanda peserta oleh Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Syahrul M. Pasaribu, Rabu (23/10/2019), tandai pembukaan kegiatan orientasi dan pembekalan tugas bagi anggota DPRD periode 2019-2024, di Hotel Aryaduta, Jalan Kapten Maulana Lubis No. 8 Medan.

“Kami berharap, anggota DPRD Tapsel dapat bersinergi dengan pemerintah daerah sesuai dengan tupoksi masing-masing, demi capaian meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tapanuli Selatan,” pinta Bupati Syahrul dalam sambutannya.

Dikatakannya, UU No. 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, Pasal 1 Ayat 4 menyebut, DPRD adalah lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah. Artinya, dalam melaksanakan fungsi-fungsi pemerintahan di daerah, DPRD merupakan mitra pemda.

“Dengan begitu, kemitraan memiliki makna yang begitu penting dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah. Sehingga, hal itu memerlukan komitmen yang kuat dari kedua belah pihak, untuk senantiasa menjaga dan mempertahankan sinergitas antara pemda dan DPRD,” sambung Syahrul.

Terkait pelaksanaan orientasi DPRD itu, Bupati Tapanuli Selatan dua periode berturut-turut itu menyatakan, DPRD adalah almamaternya, karena pernah menjadi anggota DPRD Medan selama dua periode, dan tiga periode anggota DPRD Sumut.

“Karenanya, saya berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan menjadi bekal bagi para anggota dewan untuk mengoptimalkan perannya sebagai mitra kerja pemda, dalam menjalankan fungsi pembentukan peraturan daerah (perda), anggaran dan pengawasan,” harapnya.

Apalagi, tambah Syahrul, masyarakat menaruh harapan yang tinggi di pundak para wakil rakyat tersebut. Jangan sampai harapan masyarakat yang tinggi terhadap wakilnya di parlemen justru berbuah kekecewaan. Anggota rakyat akan selalu dituntut aspiratif, dan ada di tengah-tengah masyarakat secara berkesinambungan.

Menurut Ketua DPRD Kabupaten Tapsel, Husin Sogot Simatupang, sebagai wakil rakyat yang dipilih secara langsung oleh masyarakat, pihaknya diharuskan untuk dapat melanjutkan kinerja kedewanan, sekaligus menjadi jembatan antara pemerintah dengan rakyat.

“Saya berharap melalui orientasi ini dapat menciptakan wakil rakyat yang mampu berperan sebagai unsur pemerintahan daerah, supaya dapat melakukan pembaharuan sekaligus perekat persatuan dan kesatuan bangsa khususnya di Tapanuli Selatan,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris DPRD, Darwin Dalimunthe menjelaskan, kegiatan ini merujuk pada surat edaran Mendagri No. 895.3/9009/53 tanggal 4 September 2019, tentang penyelenggaraan orientasi/pembekalan bagi anggota DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota yang ditujukan kepada bupati/walikota di seluruh Indonesia.

“Tujuan kegiatan ialah untuk membekali anggota DPRD, terkait pengenalan tugas pokok dan fungsi sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah. Juga untuk meningkatkan kompetensi, profesionalitas dan integritas para anggota DPRD,” jelas Darwin sembari menyebut kegiatan dilaksanakan selama lima hari. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda