Sosok AKBP Juliani: Tegas Sebagai Kapolres, Teduh Saat Sebagai Ibu

350
Kiri ke kanan: Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini (memegang tongkat komando), dan sejumlah wartawan bersama Kasubbag Humas AKP Maria Marpaung.

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Sosok Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Juliani Prihartini selaku Kapolres Padangsidimpuan, dinilai sebagai polwan yang mumpuni memposisikan diri sebagai seorang leader sekaligus ibu.

“Tegas sebagai Kapolres, teduh sebagai seorang ibu. Itu gambaran yang kami tangkap dari ibu AKBP Juliani,” nilai Riswandy, ketika berbicara mewakili para wartawan yang tergabung pada Pokja Jurnalis Polres Psp, Kamis (20/1).

Pertemuan yang digelar di selasaran Mapolres, bertajuk tatap muka Kapolres Padangsidimpuan bersama insan pers itu diikuti Waka Polres Kompol Syahril M serta PJU, berikut wartawan dari media online, cetak, dan lainnya.

Riswandy memandang, selama kurun waktu hampir dua tahun bertugas sebagai pimpinan korps Bhayangkara di wilkum berjuluk Kota Salak, AKBP Juliani terbilang cakap memelihara situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif.

Di momen-momen tertentu seperti melayani masyarakat, Kapolres AKBP Juliani terlihat sentiasa mengedepankan sisi humanis dan memancarkan naluri keibuannya. Tapi dalam hal penegakan hukum tidak kenal kata kompromi.

“Pola kepemimpinan seperti yang ibu jalankan selama ini sudah sangat tepat diterapkan di wilayah yang heterogen dan berfolosofikan Dalihan Na Tolu,” sambung Riswandy.

Sikap dan langkah Kapolres AKBP Juliani yang demikian, yang kemudian mendorong para kuli tinta untuk menulis hingga memberitakan kinerja jajaran Polres Sidimpuan. Sehingga, pesan tersebut sampai ke tengah masyarakat.

Di tempat dan waktu yang sama, sebelumnya Kapolres Padangsidimpuan menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh wartawan khususnya di Pokja Jurnalis Polres Psp. Ia bahkan menaruh catatan khusus atas itu.

“Dari sejumlah tempat penugasan saya sebagai anggota Polri, jurnalis yang ada di kota ini sangat memahami apa yang kami hadapi dengan segala tuntutan kerja tatkala bertugas,” ujar mantan Kasat Lantas Polrestabes Medan.

Diakuinya, tanpa adanya pemberitaan yang ditulis oleh para jurnalis, sangat mustahil kinerja maupun capaian Polres Padangsidimpuan dapat diketahui masyarakat.

“Saya punya personel, tetapi rekan-rekan media memiliki pena setajam silet,” ungkap AKBP Juliani mengibaratkan peran dan tupoksi dari masing-masing, sembari serukan soliditas di antara Polri dengan insan pers dapat terjaga.

Ke depan, agenda kerja akan semakin meningkat. Karena itu Kapolres lantas berharap hubungan dua arah ini dapat semakin ditingkatkan. Wujudkan pelayanan prima, demi untuk kebaikan masyarakat dan Kota Padangsidimpuan.

“Tetap sehat dan selalu semangat. Jadikan tugas yang dijalani bisa mendatangkan maslahat serta bermanfaat bagi orang lain. Karena kita ketahui, sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia,” pesannya. [Anwar]

Bagaimana Menurut Anda