Riana Sari Arinal Buka Rakerwil I Himpaudi Lampung

53

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Bunda PAUD Provinsi Lampung Bunda Riana Sari Arinal membuka cara rapat kerja wilayah (rakerwil) I Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Lampung periode 2023-2027, bertempat di Aula Wira Garden Bandar Lampung, Jumat (8/9/2023).

Pada kesempatan itu, Riana berharap rakerwil ini dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran baru yang dapat memberikan manfaat bagi perkembangan PAUD menuju layanan berkualitas di Provinsi Lampung.

Riana juga mengatakan rakerwil tersebut merupakan suatu wahana strategis untuk mengevaluasi dan memantapkan program kerja Himpaudi yang  akan dilaksanakan dan yang telah dilaksanakan.

Dia mengatakan masa depan suatu bangsa sangat ditentukan oleh generasi sekarang dan generasi yang akan datang. Menurutnya, PAUD merupakan wadah untuk memaksimalkan pencapaian tumbuh kembang anak sehingga menjadi modal pembangunan yang memiliki daya saing tinggi dan mampu membawa Indonesia menjadi negara bermartabat sejajar dengan negara-negara lainnya.

“Kita tidak mungkin mampu bersaing dalam menghadapi masa mendatang dengan generasi penerus yang tidak produktif dan tidak berkualitas,” jelas dia.

Riana mengungkapkan apresiasi terhadap program gerakan transisi PAUD-SD yang telah diluncurkan Kemendikbud Ristek melalui Merdeka Belajar Episode ke-24. Menurutnya, kemampuan literasi dan numerasi anak dibangun secara bertahap mulai dari jenjang PAUD dengan cara yang menyenangkan sehingga anak siap bersekolah.

“Dengan keterlibatan semua pihak, setiap anak dapat mendapatkan kemudahan dalam bertransisi dari PAUD ke pendidikan dasar,” ujarnya.

Terhadap peserta didik SD yang tidak pernah mengikuti PAUD, ia menegaskan bahwa mereka akan tetap mendapatkan haknya untuk mendapatkan pembinaan kemampuan fondasi, sehingga memiliki pijakan yang kuat untuk memperoleh pembelajaran selanjutnya. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda