Puluhan Siswa-siswi SD dan SMP Berprestasi Terima Beasiswa dari Pemkab Nias

338

NIAS-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias berikan beasiswa berprestasi kepada puluhan siswa-siswi tingkat SD dan SMP berprestasi untuk semester I, bertempat di SDN Tetehosi Idanogawo, Selasa (25/6/2019).

Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM yang diwakili oleh Staf Ahli menyampaikan, bahwa pada tahun 2019 ini pemkab bukan hanya memprioritaskan investasi fisik, tetapi juga investasi sumber daya manusia melalui terobosan-terobosan kebijakan guna meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang mampu bersaing di dunia internasional.

Jelasnya lagi, pada sektor pendidikan sesuai dengan visi misi bupati dan wabup yakni terwujudnya masyarakat Kabupaten Nias yang berkeadilan, sejahtera, dan mandiri yang dilayani oleh pemerintah yang bersih dan responsif. Maka Pemkab Nias berupaya mewujudkan komitmenya dalam meningkatkan mutu pendidikan dan perluasan jangkauan pelayanan pendidikan melalui peningkatan kualitas tenaga pendidik, fasilitasi pembangunan sarana dan prasarana sekolah, dan jaringan pengaman pendidikan.

Oleh karena itu, lanjut bupati, Pemkab Nias turut ambil bagian untuk memberi perhatian dan penghargaan kepada peserta didik yang memiliki prestasi terbaik di sekolah untuk setiap tingkatan kelas pada semua jenjang SD dan SMP, dengan memprogramkan pemberian beasiswa berprestasi kepada paserta didik juara satu sampai ketiga umum dengan tidak memandang status sosial.

“Melalui pemberian beasiswa ini, Pemerintah Kabupaten Nias berharap peserta didik dapat semakin termotivasi untuk terus berprestasi dan semakin giat menambah wawasan pengetahuan, dan juga ketrampilan hidup dalam menghadapi tantangan global dalam menggapai cita-cita,” ungkapnya.

Bupati Nias menyampaikan bahwa keunggulan akademik penguatan di bidang budi pekerti keagamaan tentu juga akan menjadi pincang, maka diharapkan peran aktif seluruh pemerhati pendidikan yang didukung oleh orang tua dan masyarakat untuk menanamkan prinsip-prinsip kerohanian dan budi pekerti luhur kepada anak-anak kita.

Perlu diketahui, bahwa pagu dana beasiswa tingkat SD untuk juara satu sebesar Rp420.000, juara kedua Rp375.000, dan untuk juara ketiga Rp360.000. Sementara untuk tingkat SMP juara satu sebesar Rp546.000, juara kedua Rp507.000 dan juara ketiga Rp480.000. Sehingga total pagu dana beasiswa tahap pertama untuk tingkat SD sebesar Rp1.096.170.000, dan untuk tingkat SMP sebesar Rp226.884.000, dengan total jumlah secara keseluruhan Rp1.323.054.000 dari APBD Kabupaten Nias 2019. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda