Prihatin Bencana Kabut Asap, PPNI dan HAKLI Sekadau Bagikan Masker

509
Aksi sosial pembagian masker oleh PPNI dan HAKLI Kabupaten Sekadau. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Kondisi kabut asap yang semakin pekat di Kabupaten Sekadau Provinsi Kalbar saat ini mempengaruhi kondisi kesehatan masyarakat setempat. Kondisi tersebut memunculkan keprihatinan sejumlah kalangan.

Oleh sebab itulah, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Kabupaten Sekadau turun ke jalan untuk membagikan masker kepada pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat di ruas jalan nasional dalam Kota Sekadau, Jumat (20/9/2019) pagi.

Ketua panitia Subagio S.Km menjelaskan, kegiatan ini sebagai bentuk keprihatinan PPNI dan HAKLI menyikapi kondisi udara di Sekadau.

“Masker tersebut untuk melindungi masyarakat atau pengguna kendaraan dari paparan kabut asap,” kata Subagion yang juga Kepala Puskesmas Jiwa Selalong itu.

Aksi ini juga dilaksanakan sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat akan bahaya kabut asap yang bisa menyebabkan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Puluhan perawat dan para ahli kesehatan lingkungan tersebut tak segan turun ke jalan membawa ribuan maseker yang dibagikan. Karena hal inilah, mendapat respon positif dari masyarakat Sekadau. Warga menilai, kepedulian PPNI dan HAKLI sebagai bentuk protektif di tengah kondisi bencana asap saat ini.

“Terimkasih kepada PPNI dan HAKLI yang peduli dengan kami,” ujar Heri, salah satu warga yang mendapatkan masker.

Menurut dia, aksi sosial ini dinilai tepat di tengah kondisi asap. “Saya berharap bencana kabut asap yang melanda sejumlah wilayah di Kalimantan segera teratasi,” pungkas dia. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda