Asdep Kemenko Kemaritiman Sambangi Perpustakaan Prof. Lafran Pane

329

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Salah satu lokasi yang disambangi Asisten Deputi (Asdep) Bidang Infrastruktur Pelayanan, Perikanan, dan Pariwisata Kemenko Kemaritiman RI, Rahmat Hidayat, dalam kunjungan kerja di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) adalah perpustakaan Prof. Lafran Pane.

Dipandu oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tapsel Parulian Nasution, Kamis (19/9/2019) kemarin, Rahman Hidayat dibawa meninjau langsung perpustakaan Prof. Lafran Pane, berikut objek-objek wisata beserta peninggalan bersejarah lainnya yang ada di kawasan Parau Sorat.

Saat meninjau, Asdep Rahman Hidayat didampingi Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Balai Besar Jalan Nasional (BBPJN) II Medan, Patar Ronny, beserta rombongan. Sedangkan sekda, didampingi Kadis PUPR Chairul Rizal Lubis, Kadis Perpustakaan Ongku Muda Atas Sormin, Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar, dan Direktur RSUD Tapsel Firdaus Batubara.

Rahman Hidayat mengungkapkan, perpustakaan Prof Lafran Pane yang terletak di Desa Pangurabaan menjadi daya tarik tersendiri bagi dirinya. Hal ini dikarenakan tidak hanya dari gedung dan koleksi bukunya, akan tetapi sosok Prof. Lafran Pane merupakan pahlawan nasional yang patut diteladani.

“Kunjungan ini menjadi sumber inspirasi bagi kita semua, apalagi sejarah Lafran Pane diangkat pada film layar lebar. Lewat layar lebar inilah nantinya orang akan mengenal daerah Sipirok, begitu juga dengan kebudayaan lokal dan hasil kerajinannya, ditambah objek wisata bumi di Tapanuli Selatan,” ujarnya.

Diterangkan Sekda Parulian Nasution, sejauh ini perpustakaan Prof. Lafran Pane terbilang banyak dikunjungi oleh tokoh-tokoh nasional, dengan tujuan maupun keperluan tersendiri, termasuk di dalamnya seorang peneliti sejarah dari Universitas Leiden Belanda.

Tak lupa, sekda pun mengajak Asdep mengunjungi rumah Prof. Lafran Pane, dilanjutkan mendatangi lokasi objek wisata dan peninggalan bersejarah seperti Aek Milas Parau Sorat, GKPA Parau Sorat, Masjid Yayasan Muslim Pancasila Parau Sorat, dan Rumah Anwar Nasution, mantan Ketua BPK RI. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda