Pemprov Lampung Luncurkan KPB Award Desember Mendatang

22

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Lampung, Kusnardi, memimpin rapat persiapan pelaksanaan Kartu Petani Berjaya (KPB) Award, bertempat di ruang rapat Asisten II, Selasa (9/8).

Pada kesempatan itu, Kusnardi menyampaikan bahwa penghargaan KPB Award tahun 2022 ini akan diterima oleh 3 (tiga) kategori, kelompok tani, penyuluh serta bupati/walikota teraktif mendukung program KPB. Dalam rapat tersebut juga dibahas mengenai kriteria yang dinilai dalam KPB Award pada setiap kategori.

Dalam kategori kelompok tani, penilaian yang dilakukan adalah bagaimana keaktifan serta kehandalan kelompok tani dalam mengimplementasikan penggunaan aplikasi KPB di akunnya.

Selanjutnya, dalam kelompok penyuluh penilaian akan dilakukan berdasarkan keaktifan penyuluh dalam memberikan penyuluhan mengenai KPB serta presentase keanggotaan KPB di wilayah kerjanya.

Lalu, dalam kategori bupati/walikota, penilaian dilakukan berdasarkan adanya anggaran untuk pendampingan implementasi KPB, pembentukan tim implementasi kabupaten, adanya KPB center dan presentase jumlah keanggotaan KPB.

Dalam rapat tersebut juga dibahas bahwa penilaian akan dilakukan di bulan Oktober, dan pelaksanaan KPB Award akan direncanakan di bulan Desember 2022.

“Tujuan diadakan KPB Award adalah optimalisasi implementasi program Kartu Petani Berjaya melalui pemberian apresiasi / reward / support kepada petani / kelompok tani, penyuluh, kabupaten / kota, perangkat daerah dan stakehoder pendukung lainnya,” terang Kusnardi.

Dalam rapat juga diungkapkan progres implementasi Kartu Petani Berjaya sampai dengan 7 Agustus 2022 adalah transaksi penebusan pupuk bersubsidi Rp 10,4 miliar, realisasi penyaluran KUR melalui program KPB sebesar Rp 230 miliar kepada 6.717 debitur, realisasi Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) 4.896 hektare (Ha).

Selanjutnya asuransi usaha tani sapi/kerbau 2.500 ekor, asuransi petani lansia 1.176 orang, asuransi BPJS Ketenagakerjaan 1.000 per kebun, asuransi nelayan berjaya 1.150 orang dan pemberian beasiswa bagi 100 mahasiswa Universitas Lampung (Unila), 122 Mahasiswa Politeknik Negeri Lampung (Polinela) serta 186 mahasiswa Univeritas Bandar Lampung (UBL). (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda