Pemkab OKI Buka Penerimaan 1.035 Formasi P3K, Ini Syaratnya

2373
Ilustrasi

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (Pemkab OKI) mengumumkan pembukaan penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) jabatan fungsional (JF) guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis.

Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten OKI Maulidini SKM mengatakan, penerimaan ini dalam rangka mengisi penetapan kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada jabatan fungsional tahun 2023.

“Penetapan formasi P3K Pemkab OKI tahun 2023 sejumlah 1.035, diantaranya JF guru 717 formasi, JF tenaga kesehatan 159 formasi, dan JF tenaga teknis 159 formasi,” ungkap dia, Rabu (20/9/2023).

Ia menambahkan, pendaftaran seleksi dimulai dari tanggal 20 September sampai 9 Oktober 2023. Dimana pendaftaran dilakukan secara online melalui portal https://sscasn.bkn.go.id yang dimulai dengan pembuatan akun masing-masing pelamar.

“Portal SSCASN BKN memuat seluruh informasi terkait seleksi penerimaan P3K tahun 2023. Pelamar wajib memahami dan menaati tata cara dan syarat pendaftaran dengan cermat dan teliti,” ujarnya.

Dikatakannya lagi, tahapan seleksi P3K tahun 2023 meliputi seleksi administrasi dari tanggal 20 September – 12 Oktober 2023 dan seleksi kompetensi dari tanggal 8 November – 2 Desember 2023.

“Setiap warga negara Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk melamar menjadi P3K untuk memenuhi jabatan fungsional dengan persyaratan yang telah ditentukan,” tuturnya.

Dikatakannya lagi, masa hubungan perjanjian kerja (MHPK) bagi P3K adalah 2 tahun, dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan dan berdasarkan penilaian kinerja. (Iwan)

Adapun persyaratan secara umum sebagai berikut :

  1. Usia paling rendah 20 tahun dan paling tinggi 1 tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai peraturan perundang-undangan.
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, P3K, prajurit TNI, anggota Polri, serta sebagai pegawai swasta.
  4. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik dan terlibat politik praktis.
  5. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  6. Memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi yang berwenang untuk jabatan yang mempersyaratkan.
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan yang dilamar.
  8. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, calon P3K, P3K, prajurit TNI, atau anggota Polri.
  9. Tidak pernah melakukan atau terlibat tindakan pelanggaran seleksi dalam 3 periode seleksi calon ASN sebelumnya.
  10. Tidak berstatus sebagai peserta lulus seleksi calon ASN yang sedang dalam proses pengusulan penetapan NIP/NI P3K.
  11. Memiliki pengalaman terkait dengan bidang tugas jabatan yang dilamar.

Bagaimana Menurut Anda