Orientasi dan Pelantikan Dewan Saka Bahari, Kemah Sengaja Didirikan di Atas Laut

351

PESAWARAN-LAMPUNG, BERITAANDA – Semarak gerakan Pramuka warnai kolaborasi pelantikan Dewan Saka dan dipadukan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Marinir ke-74.

Dalam rangkaian kegiatan ini para peserta yang beranggotakan 30 element anggota Pramuka telah dilantik menjadi Dewan Saka Korcab Kabupaten Pesawaran 2019 pada Ahad (27/10/2019).

Rangkaian kegiatan ini merupakan puncak dari pembentukan Saka Bahari tingkat Cabang Pesawaran yang sebelumnya sudah diawali dengan pelantikan Mabisaka giat orientasi yang digelar selama 3 hari dengan kegiatan Persami (Perkemahan Sabtu Minggu), diadakan di atas air laut atau sering disebut perkemahan apung. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Klara Pesawaran.

Komandan Yonif 9 Marinir/Beruang Hitam, Letkol Marinir Syamsul Bahri menegaskan, bahwa perkemahan sengaja digelar di atas air dengan deru ombak dan terpaan angin. Tujuannya agar para peserta bisa beradaptasi dan bertahan di atas laut, agar timbul jiwa korsa sesama rekan.

“Kemah sengaja didirikan di atas laut, agar peserta bisa adaptasi dan berahan, setelah itu timbul jiwa korsanya,” ujar Komandan Batalyon 9.

Letkol Syamsul juga menjelaskan bahwa laut adalah sahabat kita, untuk itu kita harus menumbuhkan sifat bangga kemaritiman, karena negara kita sebagian besar adalah laut.

“Laut itu sahabat kita, kita harus bangga karena sebagian besar NKRI adalah laut,” tegasnya.

Dengan diawali upacara pembukaan yang digelar Jumat siang kemarin, maka dimulailah acara Persami yang di dalamnya para peserta wajib mengikuti kegiatan yang disajikan oleh para pembimbing.

Kegiatan yang telah berlangsung sejak Jumat lalu diantaranya pendirian tenda apung, penyampaian materi kepramukaan, pengenalan fin swiming dan lomba dayung perahu karet serta diselingi dengan nonton bareng Film Perjuangan.

Lagu-lagu hyme Pramuka pada upacara penutupan pelantikan 30 pengurus Mabisaka dan Pinsaka Bahari menandai berakhirnya kegiatan ini.

Pada upacara itu, para peserta membacakan alamnya ikrar oleh irup, dan janji tri satya oleh Pinsaka Bahari yang disaksikan oleh sang merah putih yang digenggam di dada oleh Pinsaka dan pengurus Saka Bahari yang dilantik. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda