Rafi Alkahfi, Atlet Renang Pelajar Ini Bercita-cita Jadi TNI AL

1007

PESAWARAN-LAMPUNG, BERITAANDA – Perenang dari Jaka Utama Swimming Club Bandar Lampung mendominasi kejuaraan renang selat Kelagian 5.500 meter kategori umum (pelajar) yang digelar di Marines ECO Park Pantai Lembing, Ahad (27/10/2019).

Kejuaraan renang 5.500 meter yang diikuti 105 peserta terdiri dari TNI/ Polri, mahasiswa , pelajar dan umum dengan mengambil start di Pulau Kelagian dan finis di Marines Eco Park, dilepas oleh Dankormar Mayjend TNI ( Mar) Suhartono M.Tr. (Han), didampingi Danbrigif -4/Mar BS Kol. Mar Ahmad Fajar.

Di kejuaraan ini, pada kelombok umum ada 6 orang juara dari kelompok pelajar, kesemuanya dari Jaka Utama Swimming Club.

Adapun ke-6 orang tersebut antara lain Naufal Rizky Ilhami (18), Eka Septyan Mahardinata (15), Wildansyah (10), M. Rafi Alkahfi (11), R. Anakusata Attar Zaniri (11) dan Farrel Atha Mulya.(12).

Akbar Sigartama Indra Putra (22) selaku pelatih dari Jaka Utama Swimming Club saat kegiatan mengatakan, ia ditunjuk oleh head coach Eva untuk mendampingi atlet-atlet renang dari Jaka Utama Swimming Club ini.

Terkait hal tersebut, Akbar menyampaikan, selaku pelatih ia mengharapkan kemajuan, sehingga mereka akan lebih baik lagi.

“Karena di luar sana masih banyak lawan yang lebih dari mereka, ini masih di tingkat provinsi, belum seluruh Indonesia,” tegasnya.

Keenam dari mereka ini pernah ikut dalam even nasional yaitu Naufal Rizki Ilhami dan M. Rafi Alkahfi.

“Naufal pernah menjuarai perenang pelajar Danau Ranau, Tembakak dan Pulau Pisang, O2SN serta Jakarta Open. Sedangkan Rafi Alkahfi pernah menjuarai Jakarta Open Anindya Bakri, perenang terbaik O2SN Gubernur Cup,” jelas Akbar.

Sementara Rafi Alkahfi usia 11 tahun, atlet renang kategori umum (pelajar) dengan wajah polosnya yang masih terlihat lelah mengungkapkan bahwa kendala ikut dalam lomba renang ini adalah banyaknya  ubur-ubur.

“Ubur-uburnya banyak sekali dan sangat mengganggu, kalau ombaknya tidak seberapa,” ucapnya.

Rafi juga menjelaskan bahwa ia berani ikut lomba ini, untuk tes mental. Pelajar kelas VI SD Islam Az Zahra yang sudah dua tahun bergabung di klub renang Jaka Utama tersebut punya cita – cita ingin menjadi TNI Angkatan Laut.

Nuriah, selaku ibunda Rafi mengatakan, bahwa putranya ikut lomba ini atas kemauannya sendiri.

“Rafi juga berkesempatan menjadi juara ketiga lomba renang O2SN tingkat pelajar SD di Semarang 50 meter gaya kupu-kupu, kelompok umur (ku) 4,” pungkasnya. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda