Nias Masih Terbuka Bagi Para Investor

149

NIAS-SUMUT, BERITAANDA – Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli MM jelaskan bahwa potensi Nias saat ini masih terbuka lebar bagi para investor, terutama bidang pariwisata serta lahan kosong yang bisa diberdayakan untuk pertanian dan perkebunan.

Demikian disampaikan Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli MM kepada sejumlah wartawan belum lama ini.

“Nias merupakan tujuan wisata yang sangat potensial seperti pantainya hingga gelombang laut. Kita tahu, gelombang laut di laut Nias sudah dikenal oleh dunia internasional, permasalahannya sekarang tidak mudah bagi investor untuk datang bila infrastruktur dan aksesibilitasnya tidak memadai,” papar dia.

Khusus daerah kepulauan dan pesisir, bupati mengatakan juga masih sangat perlu dukungan dari pemerintah pusat. Menurut dia, tidak akan ada yang bisa dilakukan bila transportasinya tidak memadai.

“Lalu, bagaimana kita membawa komoditas dari sini keluar bila akses tidak memadai. Jadi hanya jadi konsumsi lokal saja. Akibatnya masyarakat juga jadi malas untuk memproduksi,” terangnya.

Dikatakannya, menurut data, saat ini masih ada 122 dari 514 kabupaten/kota yang masih masuk kategori tertinggal.

“Dari begitu banyaknya, Nias termasuk di dalamnya. Inilah yang harus menjadi prioritas pemerintahan Presiden Jokowi periode kedua. Kalau 122 daerah ini sudah lepas, maka majulah bangsa ini,” katanya.

Bupati Sokhiatulo Laoli mengatakan, meskipun ada perimbangan keuangan daerah, namun harus ada perlakuan khusus bagi daerah kepulauan dan daerah tertinggal.

“Kalau daerah yang sudah maju, sudah tidak perlu lagi terlalu jadi perhatian karena ada bantuan dari APBN. Mereka kan sudah maju, pendapatan asli daerah juga bagus. Tapi pemerintah pusat harus lebih banyak menganggarkan bantuan dan dukungan ke daerah tertinggal. Itu kan permintaan yang masuk akal. Meskipun ada, itu hanya dana desa,” pungkas Sokhiatulo Laoli mengakhiri. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda