Luapan Sungai Batang Angkola Ancam Puluhan Rumah Warga

442

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Luapan Sungai Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) mulai ancam keberadaan puluhan rumah warga yang bermukim di bantaran. Warga khawatir, gerusan arus sungai yang meluap picu longsornya dinding sungai.

Menurut Camat Angkola Muaratais, AM. Fadhil Harahap, kondisi bantaran Sungai Batang Angkola yang mengancam permukiman waga di sekitar Desa Pargumbangan, Kecamatan Angkola Muara, telah dilaporkan kepada Bupati Tapsel melalui BPBD setempat.

“Solusi sementara untuk mengantisipasi serta menekan percepatan tergerusnya tebing sungai tersebut adalah dengan cara memasang bangunan berupa beronjong (batu penahan arus),” kata Fadhil, Jumat (25/10/2019).

Dia mengatakan, selain mengancam rumah-rumah penduduk, disekitaran sungai tersebut terdapat fasilitas umum lain. Diantaranya, ada satu unit masjid, satu madrasah, serta jembatan yang menghubungkan antar desa, dan areal perkebunan mereka.

Lokasi terancam longsor di sekitar permukiman warga, menurut Fadhil, kisarannya ada disepanjang 500 meter dengan ketinggian lebih kurang 20 meter. Dia berharap ada bantuan dari dalam waktu dekat ini.

“Kalau kondisi seperti ini terus menerus, kita khawatir akan datang bencana yang tidak diingini,” ujar dia.

Apalagi, hujan di daerah Tapsel selama tiga hari belakangan ini intensitasnya cukup tinggi. Akibatnya, permukaan air sungai Batang Angkola meluap dan secara perlahan-lahan mulai mengikis dinding sungai. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda