Listrik Sering Padam, Manager PLN Sekadau Angkat Bicara

205
Jaringan PLN yang tertimpa ranting pohon.

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Padamnya listrik yang sering terjadi dalam beberapa hari terkahir di Sekadau, membuat Manager PLN Rayon Sekadau Rumio Pujiantoro angkat bicara.

Saat dikonfirmasi BERITAANDA, Senin (24/6/2019) pagi, ia menjelaskan bahwa pemadaman tersebut terjadi dikarenakan adanya gangguan pada jaringan.

“Wilayah Kota Sekadau sebagian masih disuplai dari Sanggau, jadi perlu koordinasi antara Sekadau dan Sanggau untuk penormalan, butuh waktu jika ada gangguan,” ungkap Rumio melalui pesan WhatsApp.

Menurut dia, jika terjadi pemadaman, maka petugas jaringan dari PLN Sekadau dan Sanggau harus melalukan pelacakan jaringan listrik yang mengalami gangguan. Setelah itu, baru dilakukan penormalan usai dinikai aman dari gangguan.

Beberapa penyebab gangguan jaringan, dikatakan Rumio lagi, umumnya disebabkan kendala alam seperti pepohonan yang rawan bersentuhan dengan jaringan listrik, sehingga terjadi konsleting.

“Namun, petugas setiap hari tetap melakukan pemangkasan pohon yang dekat atau yang kena jaringan,” lanjut Rumion.

Proses pembersihan jaringan PLN Sekadau.

Ia memberitahukan bahwa pada hari Sabtu lalu, pihaknya melaksanakan pemeliharaan terpadu di semua unit. PLN Sekadau pun berharap kepada masyarakat, terutama pemilik tanam tumbuh yang berdekatan dengan jaringan PLN, agar merelakan tanamannya untuk dipangkas. Dengan demikian, dikatakan Rumio, masyarakat turut aktif dan peduli dengan potensi-potensi gangguan jaringan listrik PLN yang disebabkan tanam tumbuh atau pepohonan.

“Masyarakat juga ikut aktif dan peduli jika ada potensi gangguan dari pohon untuk segera melaporkan ke PLN, biar segera diatasi. Kami juga mohon kerjasama dari masyarakat untuk ikut gotong-royong melakukan pemangkasan dan pembersihan jaringan jika dibutuhkan,” bebernya. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda