Kobaran Api Lahap Belasan Rumah di Marancar Tapsel

209

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Sedikitnya 14 rumah di Lingkungan III Aek Toras, Kelurahan Pasar Sempurna, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), dilahap si jago merah pada Kamis (23/1/2020) siang.

Meski tidak ada korban jiwa, namun kejadian naas itu mengakibatkan kerugian mencapai Rp1 miliar. Asal muasal api sementara ini masih dalam proses lidik Polres Tapsel dan Polsek Batangtoru.

Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib melalui Kapolsek Batangtotu AKP Daulat M. Zein Harahap membenarkan kebakaran itu. Pihaknya bersama aparat TNI dan masyarakat turut melakukan pembersihan dan pengamanan lokasi.

“Tim Polres Tapsel dan Polsek Batangtoru sedang melakukan penyelidikan asal mula api. Untuk sementara, kerugian akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai Rp1 miliar,” ungkap Daulat.

Danramil Batangtoru Kapten CZI Pahlawan menambahkan, secara total api sudah berhasil dipadamkan. Saat api masih berkobar, pihaknya dan personel Polsek Batangtoru sudah berada di lokasi.

Informasi lain menyebutkan, api pertama kali muncul dari rumah Guntur Siregar. Sebelum kejadian, istrinya Sahreni Harahap memasak air minum di tungku yang menggunakan kayu bakar.

Sebelum api melahap seisi rumah dan menjalar ke bangunan di sekitarnya, warga sempat mendengar suara ledakan keras. Diduga akibat ledakan tabung gas yang berada di dapur rumah Guntur Siregar.

Pada saat terbakarnya 14 rumah penduduk tersebut, angin bertiup kencang. Guna memadamkan api, satu unit armada pemadam kebakaran Pemkab Tapsel diturunkan ke lokasi, dibantu personel Polri, TNI, dan masyarakat setempat. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda