KKN Berbasis Domisili, UMP Terjunkan 110 Mahasiswa di OKI

62
Wakil Bupati OKI H. M. Dja'far Shodiq berfoto bersama dengan Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) Prof. Dr. Indawan Syahri, M.Pd dan jajaran di ruang kerjanya. [Sumber Foto Kominfo OKI]

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Pandemi Covid-19 bukan berarti menjadi penghalang bagi civitas akademika perguruan tinggi untuk mengabdikan dirinya di tengah masyarakat. Kuliah Kerja Nyata (KKN) menjadi ajang bagi mahasiswa untuk menerapkan keilmuan yang didapat di bangku kuliah di dalam kehidupan bermasyarakat.

“Tujuan kami kesini adalah terkait dengan kegiatan rutin yang diadakan perguruan tinggi, yaitu KKN. Kami bermaksud untuk menitipkan mahasiswa/i kami kepada Pemkab OKI untuk menerapkan ilmu yang didapat dari bangku kuliah, sekaligus menyerap ilmu dengan terjun langsung dalam kehidupan masyarakat,” ujar Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) Prof. Dr. Indawan Syahri, M.Pd saat beraudiensi dengan Wakil Bupati OKI H. M. Dja’far Shodiq di ruang kerjanya, Selasa (11/1).

Prof. Indawan menjelaskan, karena masih dalam keadaan pandemi Covid-19, KKN kali ini masih menerapkan berbasis domisili. Jadi semua mahasiswa yang akan melaksanakan KKN adalah berasal dari daerahnya masing-masing.

“Sebanyak 110 mahasiswa asal OKI yang berasal dari 7 fakultas akan melaksanakan KKN di 18 kecamatan di OKI, dan mereka akan melaksanakan KKN di domisilinya masing-masing,” jelasnya.

Kegiatan KKN Universitas Muhammadiyah Palembang tahun 2022 ini sendiri akan dilaksanakan mulai tanggal 24 Januari sampai. 4 Maret 2022, dan serahterima mahasiswa kepada pemerintah daerah akan diadakan secara virtual.

“Kami mohon kepada Pemerintah Kabupaten OKI agar menerima dan memberi dukungan kepada mahasiswa/i kami selama melaksanakan KKN di OKI,” tutup Prof. Indawan.

Wakil Bupati Ogan Komering Ilir HM. Dja’far Shodiq menyambut baik kegiatan KKN yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa/i UMP di OKI.

Ia mengatakan bahwa Pemkab OKI berharap agar para mahasiswa dapat membantu dalam mensosialisasikan program-program pemerintah kepada masyarakat.

“Kami menyambut baik kegiatan ini. Program dalam bidang pendidikan menjadi salah satu prioritas bagi Pemkab OKI. Karena pendidikan menjadi salah satu kunci dari kemajuan suatu daerah,” ujar Wabup.

“Kami mengharapkan agar para mahasiswa dapat membantu Pemkab OKI dalam mensosialisasikan program-program pemerintah, terutama vaksinasi kepada masyarakat setempat. Saya berharap agar UMP memberikan kepercayaan penuh kepada Pemkab OKI, dan semoga kegiatan ini memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat,” pungkas Wabup. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda