Ketua BPD Desa Sembilan Laporkan Sang Kades ke Kejari Sungai Penuh

981
Ketua BPD Desa Sembilan Suryalis

SUNGAI PENUH-JAMBI, BERITAANDA – Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sembilan Kota Sungai Penuh Kecamatan Tanah Kampung Provinsi Jambi melaporkan kepala desa (kades) setempat ke Kejaksaan Negeri Sungai Penuh atas dugaan penyalahgunaan dana desa (DD) tahun 2018.

Ketua BPD Desa Sembilan Suryalis kepada BERITAANDA mengatakan, dirinya sudah melaporlan kades tersebut di Kejari Sungai Penuh sebanyak tiga kali. Namun hingga kini belum ditindaklanjuti oleh pihak terkait.

“Kami sudah melaporkan Kades Desa Sembilan di Kejari Sungai Penuh atas dugaan memperkaya diri sendiri untuk dana desa 2018, dan laporan saya yang ketiga kalinya diterima oleh Vivin, salah satu pegawai Kejari Sungai Penuh,” kata dia, Rabu (16/10/2019).

Dikatakan Suryalis, adapun aitem dana desa 2018 yang kami lapor antara lain sisa dana bidang pemerintahan senilai Rp.471.622.009, dana bidang pembangunan Rp548.226.653, serta dana bidang pembinaan Rp73.032.109.

“Ya, ada tiga aitem yang kami lapor. Kami menduga, dari ketiga aitem tersebut oknum kades diduga tidak transparan dalam pelaksanaan DD 2018,” ucap Suryalis.

Dijelaskan Suryalis lagi, seharusnya BPD yang merupakan mitra kerja kades haru dilibatkan dalam DD 2018 tersebut. Namun sang kades nampaknya bekerja sendiri tanpa melibatkan kami (BPD).

Ia berharap, BPD Desa Sembilan bersama dengan tokoh masyarakat mengharapkan Kejari Sungai Penuh untuk memanggil pihak pelapor maupun terlapor.

“Kami berharap Kejari Sungai Penuh secepatnya memanggil pelapor dan terlapor untuk diproses,” tutup dia,

Sementara itu, Albar selaku Kades Desa Sembilan saat dihubungi awak media melalui telepon celuler menjelaskan, yang dilaporkan oleh Ketua BPD tersebut semuanya sudah diaudit oleh pihak Inspektorat.

“Mengenai laporan dari Ketua BPD ke Kejari Sungai Penuh, semuanya sudah diaudit Inspektorat, tinggal menunggu hasilnya,” singkat Albar. (Tomi)

Bagaimana Menurut Anda