Kasatlantas Polres Beltim Berikan Penyuluhan Tertib Berlalu Lintas Sejak Dini

240

BELTIM-BABEL, BERITAANDA – Kasatlantas Polres Belitung Timur (Beltim) memberikan penyuluhan kepada siswa SDN 01 Manggar agar tertib berlalu lintas sejak usia dini, Senin (14/10/2019).

Kanit Dikyasa Bripka Giantara didampingi Unit Dikyasa Polres Beltim Brigadir Rizky atas seizin Kasatlantas Polres Beltim AKP Dwi Purwaningsih SH SIK pada saat pelaksanaan upacara di SDN 01 Manggar menjelaskan, supaya anak didik agar disiplin dalam berlalu lintas harus diawali dari diri sendiri sejak usia dini. Seperti adik-adik sekalian.

“Salah satu contoh yang paling mudah adalah jika adik-adik sekalian diajak oleh orangtua naik sepeda motor harus memakai helm SNI, baik jaraknya jauh maupun dekat. Karena dengan memakai helm SNI dapat melindungi kepala kita dari benturan jika mengalami kecelakaan lalu lintas,” kata Giantara.

Lanjut dia, rasa disiplin harus dipaksakan kepada diri kita.

“Untuk pertama kali mungkin memang berat, namun jika sudah menjadi kebiasaan, maka hal itu akan menjadi ringan, dan merasa tidak enak jika tidak memakai helm SNI saat naik motor,” jelas dia.

“Pada kesempatan ini, saya menyampaikan larangan keras bagi siswa SD yang mengendarai kendaraan bermotor. Selain karena belum cukup umur dan belum memiliki SIM, tingkat kerawanan untuk terjadinya kecelakaan lalu lintas sangat besar. Karena siswa SD belum bisa mengendalikan emosionalnya saat mengendarai kendaraan bermotor,” ujarnya lagi.

Jangan sampai penyesalan adik-adik terlambat, kata dia lagi, setelah menjadi korban kecelakaan lalu lintas.

“Hal ini merupakan tanggung jawab bersama, baik orangtua, sekolah, dan para siswa sekalian. Dan sekali lagi kepada adik-adik saya berpesan agar selalu rajin belajar dan mentaati segala tata tertib sekolah, karena tidak lain semua itu untuk kebaikan adik-adik sekalian di masa depan untuk meraih cita-cita kalian,” pungkas dia. (Helmi)

Bagaimana Menurut Anda