Harganas, Pemkot Sidimpuan Terima Piagam Penghargaan BKKBN

163

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) perwakilan Provinsi Sumut serahkan piagam penghargaan kepada Pemkot Padangsidimpuan atas capaian pelaksanaan pelayanan KB serentak sejuta akseptor.

Penghargaan tahunan tersebut diberikan dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke- 27 dan Momentum Bhakti Sosial TNI Manunggal KB-Kesehatan Tahun 2020 yang jatuh pada 29 Juni lalu.

Adapun prestasi yang berhasil diraih Pemkot Padangsidimpuan adalah terbaik harapan II kategori berdasarkan persentase PPM 300-1000 akseptor dan terbaik harapan III kategori dengan persentase capaian tertinggi Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara Temazaro Zega, dan diterima Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, di aula Daulay-Simorangkir, Makodim 0212/ TS, Padangsidimpuan, Selasa (25/8/2020).

Hadir dalam kegiatan itu antara lain Danrem 023 / KS Kolonel Inf. Febriel Buyung Sikumbang, Kepala Daerah berikut forkopimda se-Tabagsel, Kapolres Sidimpuan, Kapolres Tapanuli Selatan, Kapolres Mandailing Natal, Kapolres Padang Lawas, pimpinan OPD, Ketua MUI Sidimpuan, Danramil, Babinsa jajaran Kodim 0212 / TS.

Walikota mengatakan, program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (bangga kencana) merupakan program strategis yang harus jadi perhatian bersama dan penganganannya harus dilakukan secara multi sektor dan bersinergi.

“Karena itu, sangat dibutuhkan penguatan kerjasama dengan TNI, PKK, IBI dan mitra kerja yang lain. Selanjutnya, penghargaan yang diterima ini merupakan hasil dari kerja keras, kesungguhan serta mengaktualisasikannya di lapangan dan tentunya berkomitmen baik dalam melakukan penyuluhan kepada masyarakat,” ujar dia.

Capaian itu, diharapkan Irsan, kiranya dapat dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan lagi. Dan pada gilirannya nanti memberi dampak positif sekaligus manfaat terhadap masyarakat dan Kota Padangsidimpuan, dapat lebih unggul dan membawa perubahan ke arah lebih baik.

Sebelumnya, Kepala BKKBN Perwakilan Provsu Temazaro Zega diawal sambutannya mengucapkan selamat atas keberhasilan Pemerintah Kota Padangsidimpuan atas beberapa capaian prestasi dalam Harganas ke-27 tahun 2020.

“Peringatan Harganas tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena dilaksanakan dengan kegiatan layanan langsung ke masyarakat yang dinamakan pelayanan KB serentak sejuta akseptor,” ungkap Temazaro.

Dalam mewujudkan sekaligus mensukseskan program pelayanan keluarga berencana sejuta akseptor itu, peran dan dukungan pemerintah daerah sangat dibutuhkan melalui sosialisasi ke masyarakat. Sehingga, angka kematian ibu dan bayi ke depan lebih bisa diminimalisir.

“Keberhasilan program pelayanan KB ini dapat berimbas pada meningkatnya derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Atas itu, sekali saya harapkan agar pencapaian ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan,” ucapnya.

Dalam kegiatan itu, Pemkot Sidimpuan melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menyerahkan piagam penghargaan pelayanan KB sejuta akseptor tingkat kota. Dimana Kecamatan Sidimpuan Batunadua sebagai juara I, Sidimpuan Tenggara Juara II, dan Sidimpuan Selatan diurutan ke III. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda