Hadapi Pandemi, Bupati OKI Dorong Kemandirian Ekonomi Pesantren

37

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA– Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) H. Iskandar, SE mendorong kemandirian ekonomi di lingkungan pesantren agar tahan menghadapi pandemi Covid-19.

Bupati Iskandar memberi bantuan tambahan modal bagi 110 pengelola kantin pondok pesantren (ponpes) di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Bupati Iskandar mengatakan, pasantren tak hanya jadi pusat pendidikan, namun juga menjadi pusat perubahan. Terutama dalam bidang ekonomi kerakyatan, karena pesantren lahir dan hadir di tengah-tengah masyarakat.

“Pesantren bisa mandiri secara ekonomi. Terutama memberi dampak pada lingkungan sekitar di masa pandemi ini,” ungkap Iskandar saat menyerahakan bantuan tambahan modal ekonomi pesantren di Kayuagung, Jumat (18/9/2020) lalu.

Iskandar juga berharap pesantren mampu menjadi salah satu kekuatan ekonomi di masa pandemi Covid-19. “Ekonomi di lingkungan pesantren ini potensial untuk jadi benteng ketahanan ekonomi umat. Untuk itu pemerintah berkepentingan memperkuatnya,” imbuh dia.

Kepada jajaran pesantren, Iskandar juga mengingat agar terus menerapkan protokol kesehatan dan waspada pada penyebaran Covid-19. “Belum ada prediksi kapan pandemi ini berakhir, terpenting bagi kita untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat,” tambahnya.

Sementara K.H Fahrul Anam, S. Pd.i selaku Pimpinan Pondok Pesantren Darus Salam mengucapkan terimakasih dan akan mengoptimalkan potensi serta produktivitas dunia usaha di lingkungan pondok pesantren.

“Terimakasih atas perhatian pemerintah daerah, kami yakin dengan dukungan pemerintah, pesantren mampu menjaga daya tahan ekonomi masyarakat sekitar dalam menghadapi pandemi,” ungkapnya. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda