Gedung Serbaguna Kemantan Mudik Terbengkalai, Ini Penjelasan Kepala Inspektorat Kerinci

457
Kepala Inspektorat Kabupaten Kerinci Zufran

KERINCI, BERITAANDA – Warga Kemantan Mudik Kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci kian hangat menyorot tentang realisasi dana desa (DD) yang dibelanjakan oleh oknum mantan Kades Anasdi.

Beberapa warga meminta pihak Inspektorat Kerinci dan aparat penegak hukum untuk segera meninjau gedung serbaguna yang diduga dijadikan lahan korupsi oleh oknum mantan kepala desa tersebut.

Kepala Inspektorat Kabupaten Kerinci Zufran SH M.Si ketika ditemui BERITAANDA di ruang kerjanya menjelaskan, berkaitan dengan hasil investigasi dari media dan LSM, tentunya mengucapkan terima kasih atas informasi yang kita terima.

“Sebagai pihak pengawas akan melakukan koordinasi, terutama yang melakukan evaluasi berkaitan dengan APBDes di kecamatan,” ucap Zufran, Rabu (1/2/2023).

Dikatakan dia lagi, Inspektorat akan melakukan pengecekan kebenaran dari laporan itu, dan akan menindaklanjuti dengan menurunkan Irbansus sesuai tugas pokoknya.

“Tidaklanjut pembangunan gedung serbaguna di Desa Kemantan Mudik, mengenai pemasangan rangka baja yang belum dipasang akan kita cak apakah sudah dianggarkan,” kata dia.

“Apalagi yang bersangkutan sudah tidak lagi menjabat sebagai kepala desa. Tentunya sesuai dengan aturan, kita akan lakukan pemeriksaan kondisi di lapangan, yang tidak bisa dipertanggung jawabkan,” tambah dia.

“Kewenangan kita secara administrasi untuk memerintahkan kades mengembalikan ke kas desa, kemudian pihak pemerintahan desa memasukan lagi ke dalam APBDes perubahan, sehingga bisa digunakan lagi dana desa tersebut,” tutupnya. (Tomi)

Bagaimana Menurut Anda