Direktur Operasional Perum Perindo: Lampung Punya Potensi Perikanan Laut

91

PESAWARAN-LAMPUNG, BERITAANDA – Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) mengunjungi Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BB PBL) di Hanura Kabupaten Pesawaran, Lampung, Sabtu (19/9/2020).

Rombongan dari Perum Perindo sebelum berkunjung ke BBPBL, di hari yang sama terlebih dahulu mengunjungi Kabupaten Mesuji.

Menurut Direktur Operasional Perum Perindo Reinhat Trianto Hutabarat, kunjungan mereka ke Mesuji adalah terkait MoU bersama Pemerintah Provinsi Lampung dalam rangka pengembangan sektor perikanan, yang penandatangannya dilakukan pada Jumat (18/9/2020) malam di Wordstair Cafe, Bandar Lampung.

Didampingi Plh Kepala BB PBL Hanung Santoso, SP, rombongan dari Perum Perindo melihat secara dekat budidaya laut dan beberapa fasilitas produksi yang ada di BB PBL, antara lain ke produksi ikan kakap, laboratorium ikan hias, laboratorium kuda laut, pabrik pakan mandiri juga pembenihan ikan kobia.

Terkait potensi perikanan yang ada di Lampung, Reinhat Trianto Hutabarat kembali mengatakan, secara garis besar dirinya melihat Lampung mempunyai potensi yang sangat besar, khususnya di daerah Lempasing. Dimana banyak fasilitas yang diberikan oleh KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) dalam rangka meningkatkan industri perikanan, khususnya perikanan laut.

“Dari kunjungan ini yang bisa saya simpulkan lebih kepada peningkatan tata kelola agar semua fasilitas yang ada bisa dimanfaatkan oleh para nelayan, khususnya dalam rangka meningkatkan pendapatan dan juga meningkatkan kesejahteraan nelayan pada umumnya,” jelas dia.

“Kami datang kesini bergandeng tangan dengan Dinas KKP dalam rangka desk packing untuk melihat pengembangan budidaya perikanan kami, sehingga nantinya dapat memberikan dukungan, khususnya pada para nelayan di daerah Lampung. Dan juga kemungkinan untuk melihat pengembangan di ikan tawar,” jelas dia.

Dirinya menambahkan, kami akan support disini dengan memberikan pendampingan untuk ikan belida, ikan baung dan ikan-ikan yang saat ini yang sudah dianggap akan punah. “Kami coba memberikan pendamping untuk melestarikan ikan-ikan ini,” terangnya lagi.

“Pada intinya kunjungan kami ke BB PBL ini adalah ingin melakukan desk packing untuk melihat sejauh mana balai ini bisa memberikan support kepada nelayan khususnya, dan kami bisa bekerjasama dengan  mengembangkan potensi yang ada, dengan memberikan saran terkait bisnis ikan kedepan, serta rencana master plan untuk pengembangan area yang potensi di Lempasing atau di Mesuji,” pungkasnya.

Turut mendampingi Fatah Setiawan Topobroto selaku Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia, antara lain Reinhat Tiranto Hutabarat (Direktur Operasional Perum Perikanan Indonesia), Boyke Andreas (Sekretaris Perusahaan) serta Fadhilah (Kepala Departemen Humas dan Protokol).

Kemudian yang mendampingi Plh Kepala BB PBL Hanung Santoso, S.P adalah Plh Kabag TU Eko Priyanto, SP MM, Kordiv Kerapu Silfester Basi Dhoe, SP, Kordiv Kakap Supriya, A.Pi, M.Si, Kordiv Bawal, Kobia dan Teripang Yuwana Puja, S.Pi, M.Si, Kordiv Ikan Hias, Kuda Laut dan Rumput Laut  Herno Minjoyo, M.Sc, Kordiv Pakan Alami dan Kultur Jaringan Rumput Laut Emy Rusyani, S.Pi., M.Si serta Kordiv Pakan Mandiri Ir. Kurniastuty, M.Si. [Katrine]

Bagaimana Menurut Anda