Dinas Perpusip Sergai Jalin Kerjasama dengan BPJS

135

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Perpusip) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menjalin kerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Sergai yang mencakup jaminan sosial ketenagakerjaan, serta sosialisasi program kelas mendongeng untuk para guru PAUD dan siswanya, bertempat di aula Dinas Pariwisata Poraparbud Istana Replika Sultan Serdang Kecamatan Pegajahan, Senin (21/10/2019).

Kadis Perpusip Dra. Hj Salmiah, MM mengatakan bahwa kami mempunyai program tranformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, yang artinya perpustakaan tidak hanya tempat membaca buku, akan tetapi sebagai pusat kegiatan masyarakat yang dapat menghasilkan dan bermanfaat bagi warga.

“Contohnya, masyarakat bisa membaca buku tentang keterampilan cara membatik, menyulam, dan membordir. Di perpustakaan inilah dapat mempelajari dan memperaktekkan cara membatik dan membuat kelompok membatik. Perpustakaan juga memfasilitasi pemasaran sampai batik tersebut dikenal di masyarakat, dan bisa bekerjasama dengan para pelaku UKM,” ungkap Salmiah.

Sementara Yenita Sari Nasution selaku KCP BPJS Sergai memaparkan tentang program jaminan sosial ketenagakerjaan, yang setoran bulanannya sebesar Rp14.200.

Ia juga membahas tentang jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan manfaatnya, serta jaminan hari tua (JHT). Kemudian menerangkan tentang manfaat perlindungan untuk santunan cacat fisik dan jaminan kematian. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda