Dibayangi Wabah Corona, KPU Sekadau Atur Tata Cara Kampanye Pasangan Calon

32

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Pelaksanaan pemilukada serentak dibayang-bayangi wabah Covid-19. Oleh sebab itu, tentunya potensi-potensi penyebaran wabah mematikan ini juga menjadi perhatian serius dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sekadau.

“Saat ini Indonesia dan dunia dalam bencana non alam, wabah Covid-19,” kata Drianus Saban selaku Ketua KPU Sekadau dalam kegiatan sosialisasi pemilihan bupati dan wakil bupati dalam kondisi bencana non alam Covid-19, Jumat (18/9/2020) siang.

Sosialisasi yang dilaksanakan KPU, diakui Saban, sebagai rangkaian yang bertubi-tubi disosialisasikan pemerintah dalam rangka mendisiplinkan masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan.

Saat ini, pemerintah bersama DPR menetapkan pelaksanaan pemilukada serentak secara nasional dengan syarat mematuhi protokol kesehatan.

“Protokol kesehatan harus dikedepankan dalam pelaksanaan tapan pemilukada,” tegas Saban.

Bahkan pada saat sosialisasi, Saban mengatakan bahwa salah satu Komisioner KPU Sekadau bersama pemerintah daerah melaksanakan video conference terkait penerapan protokol kesehatan dan mengenai sanksi pelanggaran protokol kesehatan.

“KPU telah menetapkan peraturan KPU 06 dan 10 terkait penerapan protokol kesehatan,” timpal mantan komisioner Panwaslu itu.

Untuk itu, kata dia lagi, KPU akan mengatur tata cara dalam tahapan pemilukada, terutama tahapan kampanye yang banyak melibatkan massa serta tata cara pada saat pemungutan suara. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda