Di Tangan Ibu-ibu Bhayangkari OKI Ini, Sampah Daur Ulang Disulap Jadi Busana yang Cantik

937

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Ada yang unik pada peringatan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-67 yang dilaksanakan dalam wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI Provinsi Sumatera Selatan, Senin (30/9/2019).

Betapa tidak, di Gedung Sat Trisna Mapolres OKI ini, tampak 24 orang ibu-ibu Bhayangkari dengan mengenakan gaun yang terbuat dari bahan daur ulang sampah, berlenggek-lenggok ikuti lomba fashion show.

Hal ini tentu mencuri perhatian khusus bagi yang menyaksikan, terlebih peserta adalah istri – istri dari polisi yang bertugas di Polsek se-Kabupaten OKI dan Polres, serta terdapat juga polisi wanita (polwan) yang ikuti lomba tersebut.

Alhasil, lomba fashion show mengenakan bahan daur ulang yang digelar Pengurus Cabang Bhayangkari OKI tersebut berlangsung begitu meriah. Dimana disaksikan langsung oleh Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra

Hingga akhirnya 4 orang dewan juri ahli desainer kreatif daur ulang dari Kabupaten Banyuasin dan Kota Palembang kemukakan penilaiannya.

Juara pertama diraih perwakilan Sat Lantas Polres OKI yakni Ny Tetri Rahmawati. Sedangkan juara kedua lomba fashion show bahan daur ulang sampah direbut perwakilan Polsek Tulung Selapan. Di posisi ketiga Polsek Air Sugihan. Sementara juara harapan 1,2, dan 3 diraih perwakilan Polsek Mesuji dan Lempuing.

“Sampah memang identik suatu yang kotor dan menjijikan, namun di tangan Bhayangkari OKI, sampah bisa disulap menjadi busana yang cantik serta memiliki nilai seni tersendiri,” ujar Ny Tetri, bidan yang paham betul dengan kesehatan.

Ibu muda yang juga merangkap sebagai dosen di akademi kebidanan Agung Husada ini menambahkan, jika dikelola dengan baik, sampah daur ulang bisa banyak manfaatnya dan memiliki keuntungan ekonomis.

“Daripada terbuang sia – sia ke laut dan mencemari lingkungan, sampah plastik bisa dibuat menjadi barang bermanfaat seperti kotak pensil, kotak tisu, serta kreasi lainnya, sehingga dapat menghasilkan keuntungan ekonomis,” pungkasnya sambil tersenyum. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda